Penguatan Pendidikan Anak Melalui Bimbingan Keluarga di GKE Jemaat Bethesda Batu Nindan Kabupaten Kapuas
Abstrak
Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat pentingnya pendidikan anak melalui pendekatan bimbingan keluarga. Peran orangtua dalam keluarga sangat penting dalam membina dan mengarahkan masa depan anak dengan pendidikan yang dimiliki. GKE Jemaat Bethesda Batu Nindan, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas menjadi subyek dalam kegiatan ini. Metode yang digunakan ialah Participatory Action Research (PAR). Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta kegiatan yang terdiri dari orangtua dan remaja jemaat Bethesda memperoleh penguatan akan pentingnya pendidikan anak, sehingga berkomitmen untuk membimbing anak dengan baik. Komitmen ini dilandasi dengan semangat akan masa depan anak yang akan membawa perubahan ekonomi bagi keluarga.
Referensi
Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Malang.
Ahmadi, A., & Uhbiyati, N. (1991). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Fatimah, E. (2010). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia.
Hamdani. (2012). Bimbingan dan Penyuluhan. Bandung: Pustaka Setia.
Kartono, K. (1992). Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja. Jakarta: Rajawali Press.
Lilis, S. (2017). Bimbingan Konseling Keluarga. Bandung: Mimbar Pustaka.
Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhyidin, M. (2006). ESQ Power Of Better Life. Yogyakarta: Tunas Publishing.
Purnamasari, I. A. (2019). Layanan Bimbingan Konseling Keluarga Untuk Meminimalisasi Angka Perceraian. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 7(1).
Soelaeman, M. I. (1994). Pendidikan Dalam Keluarga. Bandung: Alfa Beta.
Suyuti, M. (2019). Peranan Layanan Bimbingan Keluarga Melalui Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 1(1).