Optimalisasi Program Magang Mahasiswa untuk Peningkatan Mutu Pendidikan di TK PGRI Gandangbatu
Abstrak
Program magang merupakan implementasi dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Program magang bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa sebagai calon pendidik profesional. Magang prodi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini (PKAUD), Institut Agama Kristen Negeri Toraja tahun ajaran 2023/2024 dilaksanakan di wilayah Toraja salah satunya di TK PGRI Gandangbatu. Dalam pelaksanaan magang ini, dibutuhkan pendampingan dari dosen supervisor. Adapun dalam pelaksanaannya, magang dilakukan dengan tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir. Kegiatan magang ini berlangsung selama dua bulan. Melalui kegiatan magang ini, mahasiswa dapat mengenal dan menemukan permasalahan di lembaga PAUD, baik yang terkait dengan proses pendidikan dan pembelajaran. Mahasiswa juga dapat meningkatkan keterampilannya dalam menyusun rencana pembelajaran dibawah bimbingan guru pamong dan kepala sekolah. Selain itu, mahasiswa juga mampu mengembangkan kompetensi profesional dalam mengajar, serta terjalinnya hubungan kemitraan antara program studi PKAUD dengan pemerintah daerah, masyarakat, dan lembaga pendidikan terkait dalam upaya pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini.
Referensi
Aswita, D. (2022). Merdeka belajar kampus merdeka (MBKM): inventarisasi mitra dalam pelaksanaan magang Mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi Dan Kependidikan, 9(2), 56–61.
Ismail, I., Hasan, H., & Musdalifah, M. (2018). Pengembangan kompetensi mahasiswa melalui efektivitas program magang kependidikan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 124–132.
Lutfia, D. D., & Rahadi, D. R. (2020). Analisis Internship bagi peningkatan kompetensi mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(3), 199–204.
Marta, N. A., Mindarto, Djunaidi, D., Martini, S., Husmiati, R., Afrizal, A., & Putri, W. (2022). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mendesain Model, Metode, dan Media yang Inovatif, Kreatif, Komunikatif-Interaktif dan Menyenangkan Di PAUD/TK Kamboja Berseri 01 Wilayah Binaan Jakarta. Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 105–114. https://doi.org/10.21009/satwika.020205
Nasution, P. (2023). Implementasi Program Magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Di Disperindag Sumut Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Memasuki Dunia Kerja. JPM Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(7), 1–8. Retrieved from http://bajangjournal.com/index.php/JPM
Serdianus, S., & Ari, L. (2024). Pendampingan Mahasiswa Prodi PKAUD dalam Pelaksanaan Magang di TK Embun Pagi Tampo, Mengkendek, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. JIPM:Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 2(1), 29–36. Retrieved from https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v2i1.746
Setblon Tembang, & Ekkleysia Putri Saleppa. (2024). Pendampingan Mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Kristen dalam Pelaksanaan Magang Mikro Konseling Di UPT SDN 13 Gandangbatu Sillanan, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v2i2.911
Tembang, S. (2023a). Mewujudkan Moderasi Beragama di Tengah Masyarakat Multikultural Berdasarkan Hospitalitas Kristen dalam Yohanes 4:1-30. Melo: Jurnal Studi Agama-Agama, 3(2), 107–127.
Tembang, S. (2023b). Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Agama Kristen: Suatu Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Kristen Di Era Industri 4.0. In Integrasi Pendidikan Kristen dengan Isu-isu Budaya di Era Industri 4.0 (1st ed., Vol. 1, pp. 51–82). Malang: Media Sains Indonesia.
Theo Dedy Palimbunga, P. (2023). Pedoman Magang Prodi PKAUD 2023 (S. Tembang, ed.). Tana Toraja: IAKN Toraja.
Toban, M., Serdianus, S., Tembang, S., Randalele, C. E., Paembonan, Y., Budi, B., … others. (2024). Literasi Alkitab Siklus Tahun Gereja Masa Adven Sampai Natal Di Gereja Toraja Jemaat Ma’dong Dan Buttu Lepong, Denpina, Toraja Utara. Bida: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 9–20.
Utami, N. W., & Putra, I. G. J. E. (2022). Optimalisasi Media Pembelajaran Inovatif dalam Rangka Revolusi Pendidikan 4.0 bagi Guru di SMAN 1 Gianyar. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 6(2 SE-), 212–218. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/20240
Wasih, W., & Tama, M. M. L. (2023). Manfaat Mahasiswa Magang Dalam Program MBKM Kerjasama Antar Universitas Bina Darma Palembang Dengan Pemkab Banyuasin. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 536–547.
Zakiyah, S. S., Sianturi, R., & Purwati, P. (2023). Magang di Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kabupaten Tasikmalaya (Studi Kasus Mahasiswa PG PAUD). JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 4111–4117.