Penguatan Karakter Anak Sekolah Minggu melalui Drama dan Panggung Boneka dalam Acara Paskah

  • Serepina Hasibuan IAKN Manado
  • Setiaman Larosa STT Mawar Saron Lampung
  • Nova Ritonga STT Mawar Saron Lampung
  • Rudy Roberto Walean STT Mawar Saron Lampung
  • Saedo Marbun STT Mawar Saron Lampung
  • Yoges Mahendra Saragih STT Mawar Saron Lampung
  • Desmon Ayub Adu STT Mawar Saron Lampung
Kata Kunci: Drama, Media, Puppet Stage, Easter, Strengthening children's character

Abstrak

Penguatan karakter anak sekolah minggu terus menjadi kebutuhan gereja. Pendidikan anak adalah hal penting yang tidak bisa dikesampingkan dalam program pelayanan gereja. STT Mawar Saron Lampung bekerja sama dengan gereja-gereja mitra yang berlokasi di sekitar Tulang Bawang untuk terus mengemban tugas pelayanan anak ini dengan mengadakan kegiatan PkM. Kegiatan PkM ini bertujuan yang diselenggarakan sebagai perayaan momentum Paskah, Tim STT Mawar Saron Lampung mempersembahkan suatu ibadah kreatif yang didesain seperti KKR anak dengan menyebutnya sebagai PASKAH 1000 Anak. Dalam kegiatan tersebut, Tim menggunakan metode drama dan panggung boneka (puppet) untuk menyampaikan berita keselamatan dengan mengambil tema “Tuhan Yesus Menebusku.” Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada anak-anak sekolah minggu bahwa keselamatan hanya ada dan tergenapi melalui penebusan di kayu slaib oleh Tuhan Yesus Kristus. Metode yang digunakan adalah drama dan pementasan panggung boneka. Hasil luaran kegiatan ini adalah metode drama dan panggung boneka terbukti efektif memberikan penguatan karakter bagi anak-anak sekolah minggu. Tim PkM menyimpulkan bahwa kegiatan PkM ini berhasil  menguatkan karakter anak dengan konsep penebusan Yesus Kristus sebagai dasarnya.

Referensi

Anggun May Cahyani, Rizky Amelia Putri, Saraswati Noviandini, O. W. (2024). Pentingnya Pembelajaran Apresiasi Drama terhadap Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Basicedu, 8(1), 277–285.

Ashari, A. L., Kurniawan, R., Visual, D. K., Informatika, S. T., Malang, K. I., Visual, D. K., Malang, U. N., & Kurniawan, R. (2023). Perancangan Cergam Pesta Paskah Sebagai Media Interaktif Untuk Anak Sekolah Minggu. Mavis: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 5(1), 29–37.

Flesia Nanda Uli Boangmanalu. (2023). Tantangan Dan Strategi PAK Anak dalam Konteks Indonesia Masa Kini. Jurnal Filsafat Dan Teologi Katolik, 6(2), 1–15. https://doi.org/10.58919/juftek.v6i2.64

Hartin Kurniawati, Ika Rahayu Satyaninrum, Z. D. (2024). Penguatan Kesehatan Mental Anak Melalui Cerita Boneka Interaktif. Inovasi Teknologi Masyarakat (INTEKMAS), 2(1), 6–12.

Hikmawati. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4117–4124. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Igrea Siswanto. (2004). Membuat Panggung Boneka untuk Sekolah Minggu. ANDI.

Madyan, M., & Baidawi, A. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Pendidikan Karakter Anak Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 19. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(3), 126–134. https://doi.org/10.37329/metta.v1i3.1481

Murniviyanti, L., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Drama di Sekolah Dasar. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 20(2), 203–219.

Mustopa, A., Aprilia, M. P., & Sa, A. (2023). Pemanfaatan Puppet Multimedia Illustration dalam Pembelajaran Usia Dini di TK KB Mutiara Bunda. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPPKM) Purwokerto, 41–48.

Nugroho, T. W. (2023). Implementasi Pembelajaran Drama Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Karakter. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 2, 60–68. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3616

Nurdin, N. (2023). Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik di Era Society 5.0. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5, July, 323–328.

Nurfani, M.A Muazar Habibi, Nurhasanah, I. R. (2023). Peningkatan Sosial Emosional Melalui Kegiatan Bermain Peran Dengan Menggunakan Boneka Tangan Anak Kelompok B. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 56–64. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2815

Paais, R. L. (2023). Peningkatan Partisipasi dan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Agama Kristen pada Sekolah Minggu. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 595–604. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4585

Rachelya, T., Pujiono, A., & Komaling, H. W. (2022). Peranan Pembinaan Rohani Terhadap Pertumbuhan Karakter Pemuda Remaja. Epignosis: Jurnal Pendidikan Kristiani Dan Teologi, 1(1), 43–53.

Romika Varyanti Yolanda Nany Palar. (2024). Strategi Pembentukan Karakter Anak Usia Dini melalui Ibadah Sekolah Minggu. Jurnal Darma Agung, 32(2), 1202–1214.

Wadu, L. bomas, Ladamay, I., & Vemi, E. E. (2019). Pembinaan Moral Anak melalui Sekolah Minggu di Gereja Santo Andreas Tidar, Malang. Journal of Moraland Civic Education, 3(2), 107–113.

Diterbitkan
2024-12-30
Bagian
Articles