Pemberdayaan Remaja di Yayasan Borneo Bersinar Kalimantan Cemerlang Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah

  • Danella Merdiasi Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Jeffry Simson Supardie Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Lelly Sepniwati Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Tiavone Theressa Andini Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Reynhard Malau Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Monica Angeli Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Loura Natasha Putri Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Riam Esobio Korsina Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Yepa Yepa Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
Kata Kunci: Pemberdayaan, Remaja, Pengembangan diri

Abstrak

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan di Yayasan Borneo Bersinar Kalimantan Cemerlang, yang berlokasi di Jl. Langsat Kelurahan Kasongan Lama Kecamatan Katingan Hilir. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan, keterampilan maupun pengetahuan pada diri remaja terutama juga dalam pengembangan diri terutama juga dalam mengelola aset yang dimiliki untuk kebutuhan sehari-hari. Berbagai tantangan yang dihadapi para remaja Yayasan, termasuk masalah ekonomi dan rendahnya pemahaman pendidikan, menjadi fokus kegiatan pengabdian ini Kegiatan ini menggunakan metode Asset Based Communit Development (ABCD) yaitu berfokus pada aset atau kekuatan yang dimiliki oleh yayasan. Kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan pengembangan diri, kualitas hidup dan perekonomian remaja yang ada di Yayasan Borneo Bersinar Kalimantan Cemerlang melalui aset yang dimiliki yaitu sebidang tanah kosong yang kemudian ditanami berbagai tanaman buah maupun sayuran dan juga meningkatkan kemampuan remaja dalam bercocok tanam.

Referensi

Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, Wahid, M., & Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (Suwendi, Abd. Basir, & J. Wahyudi, Eds.; Issue 1). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Kementerian Agama RI.

Dureau, C. (2013). Pembaru dan Kekuatan Lokal untuk Pembangunan. Australian Community Development and Civil Society Strengthening Scheme (ACCES) Phase II.

Ginting, S. D., & Ariani, D. W. (2004). Pengaruh Goal Setting terhadap Performance: Tinjauan Teoritis. Kinerja, 8(2), 198–208.

Kholisa, N. (2012). Hubungan Manajemen Waktu dengan Efektivitas Kerja Karyawan. Journal Of Sosical and Industrial Psychology, 1(1), 56–60.

Lindawati, R. (2022). Bakti untuk Negeri melalui Program Kampus Mengajar: Sharing Session. Jurnal Abdidas, 3(1), 176–180. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i1.556

MacLeod, L. (2012). Making SMART goals smarter. Physician Executive, 38(2), 68–72.

Putri, R. N. K., Sari, D. P., & Andrian, R. (2022). Analisis Produk Binar Go Menggunakan Prioritization Matriks Eisenhower Dan Model Kano. Jurnal Ilmiah Betrik, 13(03), 244–254.

Ritmadanti, U., Rossanti, F., Ndari, P., Muji Lestari, D., & Tilaras, R. (2023). Sharing Session Bertema Kesehatan Mental dan Pengembangan Karakter dan Pentingnya Awareness terhadap Mental dan Karakter Anak bagi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Jurnal Implementasi, 3(1), 52–56.

Scott, C. L. (2015). Education Research and Foresight What Kind of Learning. In Education Research and Foresight.

Taufiq, F. M. (2020). InfoPublik - Penuhi Kebutuhan Pangan Dari Pekarangan. Info Publik. https://www.infopublik.id/kategori/cerita-khas/533165/penuhi-kebutuhan-pangan-dari-pekarangan

Wahidaty, H. (2021). Manajemen Waktu: Dari Teori Menuju Kesadaran Diri Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1880–1889.

Diterbitkan
2025-01-05
Bagian
Articles