Tanggung Jawab Gereja bagi Kaum Difabel di GMIT Jemaat Lahai Roi Tofa, Klasis Kota Kupang Timur

  • Nelci Non Pascasarjana Magister Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Ezra Tari
  • Nelman A. Weny Institut Agama Kristen Negeri Kupang
Keywords: books, communication, children, disabled

Abstract

Disabled people do not have a proper place in church management. The stigmatization of their abilities can cause marginalization of people with disabilities. The stigmatization of people with disabilities is triggered because much of society still adhere to traditional beliefs. The lack of public understanding of the reality of people with disabilities is due to people's knowledge about the real world of people with disabilities. This paper intends to explain the congregation's understanding of people with disabilities and how the church empowers people with disabilities. The research method used is descriptive qualitative. This study found that initially, it was difficult for people with disabilities to accept their situation. However, they can rise and think positively because they receive assistance from the church. The church assembly activates the Diakonia program through material assistance, pastoral assistance, and empowerment. Now people with disabilities are starting to become independent individuals and actively involved in ministry. For this reason, to increase understanding of the reality of people with disabilities in society, it is necessary to introduce the world of people with disabilities to early childhood through various types of children's literature.

Kaum difabel belum mendapat tempat yang layak dalam penatalanan gereja. Marginalisasi terhadap kaum difabel dapat disebabkan adanya stigmatisasi terhadap kemampuan mereka. Stigmatisasi terhadap difabel, dipicu oleh adanya sebagian besar masyarakat yang masih menganut paham tradisional. Kurangnya pemahaman masyarakat mengenai realitas kaum difabel disebabkan pengetahuan masyarakat mengenai dunia kaum difabel yang sebenarnya. Tulisan ini bermaksud menjelaskan pemahaman jemaat tentang kaum difabel serta bagaimana gereja memberdayakan kaum difabel. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penyandang difabel awalnya sulit untuk menerima keadaannya. Akan tetapi mereka dapat bangkit dan berpikir positif karena mendapat pendampingan dari gereja. Majelis gereja menggiatkan program diakonia baik berupa bantuan materi, pendampingan pastoral dan pemberdayaan. Kini kaum difabel mulai menjadi pribadi yang mandiri dan terlibat aktif dalam pelayanan.  Untuk itu, dalam upaya meningkatkan pemahaman mengenai realitas kaum difabel dalam masyarakat, perlu dilakukan pengenalan dunia kaum difabel terhadap anak usia dini melalui berbagai jenis bacaan anak-anak.

References

Bashofi, F., & Saffanah, W. M. (2019). Pilihan Rasional Mahasiswa Difabel dalam Memilih Jurusan Keguruan. Simulacra, 2(2), 149–164. https://doi.org/10.21107/sml.v2i2.5936

Denieffe, S. (2020). Commentary: Purposive sampling: complex or simple? Research case examples. Journal of Research in Nursing, 25(8), 662–663. https://doi.org/10.1177/1744987120928156

Gilsing, R., Turetken, O., Ozkan, B., Grefen, P., Adali, O. E., Wilbik, A., & Berkers, F. (2021). Evaluating the Design of Service-Dominant Business Models: A Qualitative Method. Pacific Asia Journal of the Association for Information Systems, 13(1), 1–35. https://doi.org/10.17705/1pais.13102

Hammersley, M. (2018). The Dilemma of Qualitative Method : Herbert Blumer and the Chicago Tradition. Routledge Revivals: The Dilemma of Qualitative Method (1989), 27. https://doi.org/10.4324/9781351037709

Harisantoso, I. T. (2022). Persepsi Jemaat Tentang Kaum Disabilitas dan Akses Mereka ke dalam Pelayanan Gereja. VISIO DEI: JURNAL TEOLOGI KRISTEN, 4(1), 58–81. https://doi.org/10.35909/visiodei.v4i1.242

Hayon, Y. W. (2019). Disabilitas dalam Teologi Katolik: Dari Liberalisme ke Politik Kasih. INKLUSI, 6(2), 235. https://doi.org/10.14421/ijds.060203

Klar, S., & Leeper, T. J. (2019). Identities and Intersectionality: A Case for Purposive Sampling in Survey‐Experimental Research. In Experimental Methods in Survey Research (pp. 419–433). Wiley. https://doi.org/10.1002/9781119083771.ch21

Lessy, M. (2020). Diskriminasi Atas Hak Belajar Anak Difabel dan Marginal. MARA CHRISTY, 10(1), 12–19. http://jurnal.iaknambon.ac.id/index.php/MC/article/view/67

Miraji, T. (2021). Pandangan Teologis Terhadap Kaum Disabilitas dan Implementasinya bagi Gereja Masa Kini. SAGACITY Journal of Theology and Christian Education, 1(2), 65–86. http://jurnal.sttsangkakala.ac.id/index.php/sagacity/article/view/12

Naibaho, P. D. R., & Silitonga, S. (2022). Kajian Kemudahan Aksesbilitas Bagi Difabel dalam Rumah Ibadah (Studi Kasus Gereja Katolik Santa Maria Tak Bernoda Asal). ALUR : Jurnal Arsitektur, 5(1), 22–36. https://doi.org/10.54367/alur.v5i1.1944

Panjaitan, J., & Munthe, P. (2021). Kajian Teologi-Dogmatis Terhadap Pemahaman Kristologi Disabilitas di Yayasan Pendidikan Tunanetra Sumatera. In Theos : Jurnal Pendidikan Dan Theologi, 1(2), 32–39. https://journal.actual-insight.com/index.php/intheos/article/view/197

Para, N. D., Tari, E., & Ruku, W. F. (2021). Peran Gereja dalam Transformasi Pelayanan Diakonia. Jurnal Teologi Kontekstual Indonesia, 1(2), 81. https://doi.org/10.46445/jtki.v1i2.310

Purwanto, H. (2021). Empowering People to Serve and to Heal: Gereja Sebagai Komunitas Iman Inklusif dalam Memberdayakan Penyandang Disabilitas. MARTURIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, III(1), 21–37. https://jurnal.stakmarturia.ac.id/umum/article/view/18/13

Purwoto, P. (2021). Tinjauan Teologis Tentang Gereja Sejati dan Aplikasinya Bagi Pelayanan Gereja Kontemporer. SHAMAYIM: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 45–57. https://doi.org/10.51615/sha.v1i1.4

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tarigan, J. U. (2021). Ibadah Inklusi Bersama Orang dengan Disabilitas Intelektual. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja, 5(1), 27–41. https://doi.org/10.37368/ja.v5i1.167

Teddywono, I. (2020). Pemuridan Bagi Jemaat Penyandang Disabilitas. SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI, 10(1), 17–34. https://doi.org/10.46495/sdjt.v10i1.82

Verdino, T. (2020). Disability And In(Ter)Carnation A Construction of God in the Perspective of Disability. GEMA TEOLOGIKA: Jurnal Teologi Kontekstual Dan Filsafat Keilahian, 5(1), 33–48. https://doi.org/10.21460/gema. 2020.51.483

Wenno, V. K., Patty, M. I., & Talupun, J. S. (2020). Memahami Karya Allah melalui Penyandang Disabilitas dengan Menggunakan Kritik Tanggapan Pembaca terhadap Yohanes 9:2-3. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 4(2), 141. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v4i2.141

Widyasari, Y. (2021). Komunikasi Interpersonal Yesus dan Implementasinya Bagi Pelayanan Gereja. Danum Pambelum: Jurnal Teologi Dan Musik Gereja, 1(2), 167–174. https://doi.org/10.54170/dp.v1i2.71

Published
2022-11-28