Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital

  • Rudie Rudie Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Octamaria Sihombing Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
Keywords: learning implementation strategies, the digital age, christian religious education

Abstract

This study aims to describe the form of implementation of digital era Christian Religious Learning at Palangka Raya Christian High School. To reveal the purpose of the study, this research method is qualitative descriptive research. The results of the study revealed that the form of implementing Christian Religious Education learning online (online) using the WA application (WhatsApp), Classroom, and Zoom meetings. The strategy for implementing teacher learning for Christian religion subjects in Christian high schools is an expository learning strategy, problem-based and cooperative learning strategy. Its application is arranged alternately and which is a consideration of whether or not the material is appropriate with the learning strategies used. The implementation of the implementation of the learning strategy has not been carried out consistently, which is indicated that it has not fully met the provisions as in the application of the learning strategy.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pelaksanaan Pembelajaran Agama Kristen era digital di SMA Kristen Palangka Raya. Untuk mengungkapkan tujuan penelitian tersebut, maka metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa bentuk pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen secara online (daring) dengan menggunakan aplikasi WA (WhatsApp), Classroom, dan zoom meeting. Strategi pelaksanaan pembelajaran guru mata pelajaran agama kristen di SMA Kristen yaitu strategi pembelajaran ekspositori, berbasis masalah dan strategi pembelajaran kooperatif. Penerapannya diatur secara bergantian dan yang menjadi pertimbangan apakah materi itu sesuai atau tidak dengan strategi pembelajaran yang digunakan. Pelaksanaan penerapan startegi pembelajaran tersebut, belum terlaksanan secara konsisten, yang ditandai belum sepenuhnya memenuhi ketentuan-ketentuan sebagaimana dalam penerapan strategi pembelajaran tersebut.

References

Adisel, Adisel, and Ahmad Gawdy Prananosa. “Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Sistem Manajemen Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19.” Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT) 3, no. 1 (2020).

Dinata, Karsoni Berta. “Literasi Digital Dalam Pembelajaran Daring.” Eksponen 11, no. 1 (2021).

Hutapea, Rinto Hasiholan. “Nilai Pendidikan Kristiani ‘Terimalah Satu Akan Yang Lain’ Dalam Bingkai Moderasi Beragama.” KURIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 8, no. 1 (2022): 58–67. https://www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios/article/view/540.

Majid, Abul. Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya, 2013.

Moleong, L. J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya, 2010.

Nur, M.Hadi. “Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid19.” Center for Open Science, 2020. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/dgn8e.

Politon, Ventje Andri. “Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mempersiapkan Peserta Didik Menghadapi Ujian Semester.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2022).

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2006.

Shofiah, Ulfah Hamidatus. “Penerapan Metode Pembelajaran Daring Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di MI Miftahul Huda.” IAIN Metro, 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Tari, Ezra, and Rinto Hasiholan Hutapea. “Peran Guru Dalam Pengembangan Peserta Didik Di Era Digital.” Jurnal Kharisma 1, no. 1 (2020): 1–13. http://jurnalsttkharisma.ac.id/index.php/Kharis/article/view/1.

Published
2023-04-30