Peran Guru Kristen sebagai Penuntun dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter yang Holistis-Transformasional

  • Ayu Agustina Pardede Universitas Pelita Harapan Tangerang
  • Tanti Listiani Universitas Pelita Harapan Tangerang
Keywords: Christian teacher, character education, holistic, transformational

Abstract

Kemerosotan karakter merupakan buah dari ketidakefektifan pelaksanaan pendidikan karakter yang holistis-transformasional. Guru Kristen penting dalam memahami tugas dan fungsinya sebagai penuntun untuk merevitalisasi pendidikan karakter yang menyentuh aspek hidup siswa secara utuh: kognitif, afektif, dan psikomotorik. Oleh karena itu, tujuan penulisan paper ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru Kristen sebagai penuntun dalam mewujudkan pendidikan karakter yang holistis-transformasional. Adapun metode penulisan yang digunakan adalah metode kajian literatur. Pendidikan karakter holistis-transformasional penting untuk dilakukan karena siswa akan dapat menemukan identitas, makna, serta tujuan hidupnya melalui interaksi dengan lingkungan dan Tuhan. Guru Kristen harus senantiasa menjalin relasi dengan siswa, memiliki hubungan pribadi dengan Allah sehingga mampu meneladani Kristus sebagai Gembala Agung, memusatkan Kristus dalam pendidikan serta bermisi eskatologis. Hal ini dapat diwujudkan melalui penggunaan strategi, metode, dan model pengajaran yang variatif dan sesuai dengan kebutuhan siswa; pemberian motivasi dan dukungan; serta menyajikan materi yang baik dan kaya yang tetap berlandaskan pada kebenaran Alkitab. Saran bagi peneliti berikutnya adalah untuk mengkaji kompetensi sosial guru Kristen dengan homeroom/BK, orang tua, dan siswa dalam mewujudkan hal di atas. Kemudian guru Kristen perlu meneladani Yesus dalam pengajarannya, senantiasa mengkaji filosofi pendidikan berdasarkan Kekristenan, serta meningkatkan kompetensi dan kapabilitas diri sebagai wujud kesungguhan dalam menjalankan panggilannya.

Author Biography

Ayu Agustina Pardede, Universitas Pelita Harapan Tangerang

Mathematics Education

References

Aisyah, N. (2023). Siswa SD Bunuh Diri Imbas Di-bully, Pemerhati Anak: Guru-Sekolah Tak Peka! detikEdu. https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6601933/siswa-sd-bunuh-diri-imbas-di-bully-pemerhati-anak-guru-sekolah-tak-peka

Astika, M., & Bunga, S. S. (2016). Hubungan Kompetensi Sosial Guru Kristen terhadap Perkembangan Karakter Siswa: Tantangan Pendidikan Kristen dalam Mencerdaskan Youth Generation. Jurnal Jaffray, 14(1), 63–76. https://doi.org/10.25278/jj71.v14i1.189

Bano, N. I., & Tangkin, W. P. (2022). Peran Guru Kristen sebagai Penuntun terhadap Minat Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Shanan, 6(2), 313–330. https://doi.org/10.33541/shanan.v6i2.3900

Bavinck, H. (2004). Reformed Dogmatics God and Creations. Baker Academic.

Bavinck, H. (2006). Reformed Dogmatics : Sin and Salvation in Christ Vol 3. Baker Academic.

Berkhof, L. (2006). Teologi Sistematika: Doktrin Manusia. Momentum.

Brameld, T. (1955). Philosophies of Education in Cultural Perspective. The Dryden Press.

Budiman, S., Yelicia, & Siswanto, K. (2021). Model Kepemimpinan Yesus dalam Injil Yohanes sebagai Teladan bagi Kepemimpinan Kristen di Gereja Lokal. KINAA: Jurnal Kepemimpinan Kristen dan Pemberdayaan Jemaat, 2(1), 28. https://kinaa.iakn-toraja.ac.id/index.php/ojsdatakinaa/article/view/29

Calvin, Y. (2000). Institution: Pengajaran Agama Kristen. PT BPK Gunung Mulia.

Dewantara. (2009). Menuju Manusia Mereka. Leutika. https://books.google.co.id/books/about/Menuju_manusia_merdeka.html?id=84Y5QwAACAAJ&redir_esc=y

Dewey, J. (1944). Democracy and Education: An Introduction to the Philosophy of Education. The Free Press. https://books.google.co.id/books?id=OGIhNz4YJmkC

Fauzi, A. R., Zainuddin, & Atok, R. Al. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 79–88. https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p079

Firman, A. J. (2016). Paradigma Hasan Langgulung tentang Konsep Fitrah dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 123–143. http://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi

Firmansyah, F. (2021). Motivasi Belajar dan Respon Siswa terhadap Online Learning sebagai Strategi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 589–597. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.355

Gultom, E. L., Sitompul, H., & Tamba, K. P. (2019). Guru Kristen sebagai Penuntun Belajar Siswa Kelas XII di Satu Sekolah Kristen [Christian Teachers as Guides to Learning for Grade 12 Students at One Christian School]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(1), 63–79. https://doi.org/10.19166/johme.v3i1.1966

Hoekema, A. A. (2008). Manusia: Ciptaan Menurut Gambar Allah. Momentum.

Hudaya, S., & Supriyanto, A. (2020). Pendidikan Humanistik Holistik sebagai Arah Konsep Pendidikan Merdeka Belajar di Indonesia. Seminar Nasional Arah Manajemen Pada Masa dan Pasca Pandemi Covid-19, 292–299.

Indrawan, F. Y., Irawan, E., Sayekti, T., & Muna, I. A. (2021). Efektivitas Metode Pembelajaran Jigsaw Daring dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 259–268. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i3.179

Jumala, N. (2017). Memahami Tingkatan Spiritual Manusia dalam Mendeteksi Krisis Nilai Moral. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik Universitas Medan Area, 5(1), 42–50. https://doi.org/10.31289/jppuma.v5i1.1134

Kadarmanto, M. (2020). Dimensi Misi Eskatologis dalam Pendidikan Kristen. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(1), 69–81. https://doi.org/https://doi.org/10.46307/rfidei.v5i1.48

Kemdikbud. (2019). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–64. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?wpdmpro=buku-konsep-dan-pedoman-ppk

Knight, G. R. (2009). Filsafat dan Pendidikan: Sebuah Pendahuluan dari Perspektif Kristen. Universitas Pelita Harapan.

Koesoema, D. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Grasindo.

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26. https://doi.org/https://doi.org/10.2121/sip.v4i1.991.g889

Kristiawan, M. (2016). Telaah Revolusi Mental dan Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Sumber Daya Manusia Indonesia yang Pandai dan Berakhlak Mulia. Ta’dib, 18(1), 13. https://doi.org/10.31958/jt.v18i1.274

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books. https://books.google.co.id/books?id=QBIrPLf2siQC&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Lumintang, M., Hutasoit, B. M., & Awule, C. S. (2017). Memahami Imago Dei sebagai Potensi Ilahi dalam Pelayanan. EPIGRAPHE (Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani), 1(1), 39–54. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33991/epigraphe.v1i1.8

Mahardin, Fauzan, A., Muliati, & Rahmah, N. (2021). Pembentukan Karakter Demokratis Melalui Pelaksanaan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Number Head Together pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kota Bima. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 107–112. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1342

Majelis Pendidikan Kristen di Indonesia (MPK). (2016). Pengantar Interaksi Belajar Mengajar yang Efektif. BPK Gunung Mulia.

Miller, J. P., Karsten, S., Denton, D., Orr, D., & Kates, I. C. (2005). Holistic Learning and Spirituality in Education: Breaking New Ground. State University of New York Press.

Mu’in, F. (2019). Pendidikan Karakter : Perspektif Teoritis dan Gagasan Praktis. Scripta Cendekia.

Nababan, R. (2018). Hubungan Keterampilan Guru Memberi Penguatan (Reinforcement) dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Perguruan Kristen Hosana Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Civic Education, 1(1), 1–9. https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/149

Nainggolan, D. M., Nome, N., & Manggoa, R. S. T. (2021). Pentingnya Kontekstualisasi Pada Pendidikan Kristen. Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi, 4(1), 40–52. https://doi.org/10.47457/phr.v4i1.140

Nariswari, A. V. (2023). 4 Pengakuan Siswa SMP yang Bakar Sekolah: Korban Bullying Teman, Karya Tak Dihargai Guru. suara.com. https://www.suara.com/news/2023/07/02/180143/4-pengakuan-siswa-smp-yang-bakar-sekolah-korban-bullying-teman-karya-tak-dihargai-guru

Ngundjurawa, Y. N. K., & Arifin, S. S. (2021). Tinjauan Etika Kristen: Peran Guru sebagai Penuntun dalam Pembentukan Karakter Siswa Generasi Milenial. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 3(2), 138–150. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.19166/dil.v3i2.3193

Ningrum, N., Arief, H. M., & Suryani, L. (2023). Analisis Sikap Sosial Peserta Didik terhadap Pembelajaran Pasca Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(1), 15–28. https://doi.org/10.58230/27454312.172

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. In Nizmania Learning Center. Nizamia Learning Center.

Nurkholisah, F., Khusniyah, T. W., & Malaikosa, Y. M. L. (2022). Efektivitas Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembiasaan Siswa SD Negeri Tungkulrejo Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 5(1), 26–33. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.7236

Pinas, R., Waworuntu, J., & Mewengkang, A. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Keahlian TKJ Siswa SMK Kristen 1 Tomohon. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(1), 118–129. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/6863

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerja Sama melalui Model Project based Learning (PjBL) Berbantuan Metode Eduitainment pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 177–182. https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357

Pujiono, A. (2022). Analisis Keseimbangan Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik dalam Muatan Ekologi pada Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Sekolah Menengah Atas Balance. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, 2(2), 73–89. https://doi.org/https://doi.org/10.53547/rdj.v2i2.241

Purba, M. K., & Chrismastianto, I. A. W. (2021). Peran Guru Kristen sebagai Penuntun Siswa Memulihkan Gambar dan Rupa Allah dalam Kajian Etika Kristen [The Role of Christian Teachers in Guiding the Students to Restore the Image and Likeness of God from the Perspective of Christian Ethics]. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 3(1), 83. https://doi.org/10.19166/dil.v3i1.2909

Rahmawati, D. (2022). Menata Kembali Perilaku Siswa Pasca Pandemi Covid-19. yoursay. https://yoursay.suara.com/kolom/2022/01/04/124007/menata-kembali-perilaku-siswa-pasca-pandemi-covid-19

Ramadani, F., & Desyandri. (2022). Konsep Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Pandangan Filsafat Progresivisme. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1239–1251. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6863

Rofi’ie, A. H. (2017). Pendidikan Karakter Adalah Sebuah Keharusan. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 1(1), 113–128. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2017.001.01.7

Rumahorbo, H. (2020). Keteladanan Yesus sebagai Gembala yang Setia dan Sabar menjadi Dasar Pelayanan Hamba Tuhan Masa Kini. Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi, 3(2), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.47457/phr.v3i2.68

Safarati, N., Rahma, R., Fatimah, F., & Sharfina, S. (2020). Pelatihan Inovasi Pembelajaran Mengahadapi Masa Pandemic Covid-19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 240–245. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.937

Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Etika Kristen dalam Pendidikan Karakter dan Moral Siswa di Era Digital. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 3(1), 46–63. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.19166/dil.v3i1.2782

Shintya, M., Rustam, Suyanti, I., & Priyanto. (2021). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. DIALEKTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 15–30. https://doi.org/10.15408/dialektika.v8i1.14784

Simanjuntak, J. M. (2018). Belajar sebagai Identitas dan Tugas Gereja. Jurnal Jaffray, 16(1), 1–24. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i1.279

Sukarno, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Era Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional 2020, 1(3), 32–37. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/ProsidingPsikologi/article/view/1353/771

Sulistyawati, T. E. (2020). Multiplikasi Peran Gembala pada Jemaat Lokal: Guru Sekolah Minggu sebagai Gembala Anak. Filadelfia Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 1(2), 92–106. https://doi.org/https://doi.org/10.55772/filadelfia.v1i2.13

Sutriyono. (2022). “Ngegas” Interaksi Antarsiswa di Sekolah. detiknews. https://news.detik.com/kolom/d-5911990/ngegas-interaksi-antarsiswa-di-sekolah

Tampenawas, A. R., Ngala, E., & Taliwuna, M. (2020). Teladan Tuhan Yesus Menurut Injil Matius dan Implementasinya Bagi Guru Kristen Masa Kini. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 1(2), 214–231. https://doi.org/10.47530/edulead.v1i2.44

Tefbana, A. (2021). Hubungan Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dengan Pertumbuhan Iman Peserta Didik. Jurnal Luxnos, 4(2), 277–305. https://doi.org/10.47304/jl.v4i2.135

Tety, & Wiraatmadja, S. (2017). Prinsip-Prinsip Filsafat Pendidikan Kristen. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 1(1), 55–60. https://doi.org/10.46445/ejti.v1i1.56

Van Brummelen, H. (2008). Batu Loncatan Kurikulum. Universitas Pelita Harapan.

Van Brummelen, H. (2009). Berjalan Dengan Tuhan di Dalam Kelas. Universitas Pelita Harapan.

Wijaya, R., Fahreza, F., & Kistian, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) untuk Mengembangkan Karakter Toleransi dan Demokratis Siswa pada Pelajaran PKn Kelas V di SD Negeri Paya Peunaga. Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 49–60. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1277585

Wulandari, F., Hidayat, T., & Muqowin. (2021). Konsep Pendidikan Holistik dalam Membina Karakter Islami. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 157–180. https://doi.org/https://doi.org/10.52431/murobbi.v5i2.374

Yani, M. T. (2023). Pengaruh Media Angklung Interaktif terhadap Revitalisasi Motivasi Belajar Siswa SD di Masa Pandemi. Edukasia Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 137–148. http://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/231

Published
2024-10-31
Section
Articles