Diskursus Pendidikan Agama Sebagai Pendidikan Karakter
Abstract
Character education has a role in creating the quality of a nation in the future. In its implementation, character education starts from religious education in schools and in non-formal institutions. The implementation of religious education is expected to support the achievement of character education goals. This research is a qualitative research with a description method. This study begins with the concept of education from Ibn Khaldun, Ibn Sina, JJ Rousseau and Robert Raikes as representatives of religious education from Islam and Christianity. The results of this study are character education is an urgent thing to do in building a quality generation in the future. In order to achieve maximum results, character education needs to involve several things such as curriculum, teachers and parents.
Pendidikan karakter mememiliki peran dalam menciptakan kualitas suatu bangsa di masa yang akan datang. Dalam pelaksanaannya, pendidikan karakter dimulai dari pendidikan agama di sekolah-sekolah maupun di lembaga non formal. Pelakasanan pendidikan agama tersebut diharapkan dapat mendukung tercapainya tujuan pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskripsi. Dalam penelitian ini diawali dengan konsep Pendidikan dari Ibnu Khaldun, Ibnu Sina, J J Rousseau dan Robert Raikes sebagai representatif Pendidikan agama dari Islam dan Kristen. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pendidikan karakter merupakan hal yang urgent untuk dilakukan dalam membangun generasi yang berkualitas pada masa yang akan datang. Agar tercapai hasil yang maksimal, pendidikan karakter perlu melibatkan beberapa hal seperti peranan kurikulum, guru dan orang tua.
References
Ainiyah, Nur. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Al-Ulum: Jurnal Studi-Studi Islam 13, No. 1 (2013): 25–38.
Ajat Sudrajat. “Mengapan Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Karakter 1, No. 1 (2011): 47–58.
Ansari, Ansari, And Ahmad Qomarudin. “Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu Sina Dan Ibnu Qayyim Al Jauziyyah.” Islamika 3, No. 2 (2021): 134–148.
Boehlke, Robert R. Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen Dari Yohanes Amos Comenius Sampai Perkembangan PAK Di Indonesia. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2005.
Cahn, Steven M. Political Philosophy: The Essential Text. New York: Oxford University Press, 2005.
Christiani, Tabita Kartika. “Belajar Dari Sejarah Gereja: Pendidikan Kristiani Untuk Anak Melalui Sekolah Minggu.” Gema Teologi 31, No. 1 (2007).
Cut Zahri Harun. “Manajemen Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Karakter 4, No. 3 (2013): 302–308.
Darmawan, I Putu Ayub. “Pendidikan ‘Back To Nature’: Pemikiran Jean Jacques Rousseau Tentang Pendidikan.” Satya Widya 32, No. 1 (2006): 11–18.
Darwis, Maidar. “KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF IBNU SINA.” Jurnal Ilmiah Didaktika 13, No. 2 (2013): 240–258.
Dozan, Wely, And M Farhan Hariadi. “Pemikiran Pendidikan Islam Dalam Persfektif Ibnu Sina.” El-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam 13, No. 2 (2019): 208–221.
Fajariah, Mutiarawati, And Djoko Suryo. “Sejarah Revolusi Industri Di Inggris Pada Tahun 1760-1830.” HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah 8, No. 1 (2020): 77–94.
Haryati, Sri. “Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013.” Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013 19, No. 2 (2013): 259–268.
Hidayati, Abna. Desain Kurikulum Pendidikan Karakter. Padang: Universitas Negeri Padang, 2014.
Jannah, Nur, And Khairul Umam. “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman 12, No. 1 (2021): 95–115.
Jauhari, Muhammad Insan. “Konsep Pendidikan Ibnu Khaldun Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Di Era Modern.” Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam 9 (2546): 187–210.
Julaeha, Siti. “Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7, No. 2 (2019): 157–182.
Khaldun, Ibnu. Muqaddimah. Jakarta: Temprint, 1986.
Kodir, Abdul. Sejarah Pendidikan Islam Dari Masa Rasulullah Hingga Reformasi Di Indonesia. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2015.
Komara, Endang. “Penguatan Pendidikan Karakter Dan Pembelajaran Abad 21.” SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal For Youth, Sports & Health Education 4, No. 1 (2018): 17–26.
Lickona, T, And Matthew Davidson. “Smart & Good High Schools: Integrating Excellence And Ethics For Success In School, Work, And Beyond.” Cortland, NY: The Character Education Partnership. Last Modified 2004. Www.Cortland.Edu/Character/Hi%0Aghschool.
Lickona, Thomas. Educating For Character: How Our School Can Teach Respect And Responsibility. New York: Bantam Books, 1991.
AL Manaf. “Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Dunia.” As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 9, No. 1 (2020): 1–16.
Mubarok, Achmat. “Dampak Model Pendidikan Keluarga Terhadap Kondisi Psikologis Dan Kemandirian Anak.” Al Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, No. 2 (2020): 60–72.
Muchtar, Achmad Dahlan, And Aisyah Suryani. “Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 3, No. 2 (2019): 50–57.
Muhammad Kosim. “Ilmu Pengetahuan Dalam Islam (Perspektif Filosofis-Historis).” Tadris: Jurnal Pendidikan Islam 3, No. 2 (2008): 122–140.
Ngamanken, Stephanus. “Pentingnya Pendidikan Karakter.” Humaniora 5, No. 1 (2014): 82–87.
Omeri, Nopan. “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.” Mapen: Jurnal Manajer Pendidikan 9, No. 3 (2015): 464–468.
Osborne, Richard. Filsafat Untuk Pemula Diterjemahkan Dari Philosophy For Beginners. Yogyakarta: Kanisius, 2001.
Pratiwi, Ni Kadek Santya Pratiwi. “Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 3, No. 1 (2018): 83–91.
Rahim, Arhjayati. “Peranan Orang Tua Terhadap Pendidikan Karakter Remaja Putri Menurut Islam.” Al-Ulum 13, No. 1 (2013): 87–102.
Rasyid, Idris. “Konsep Pendidikan Ibnu Sina Tentang Tujuan Pendidikan , Kurikulum , Metode Pembelajaran , Dan Guru.” EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan 18 18, No. 1 (2019): 779–790.
De Roche, Edward. “The What, Why, And How Of Character Education.” Last Modified 2009. Accessed June 6, 2022. Http://Www.Csee.Org/Products/%0A108.
Sholekah, Friska Fitriani. “Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013.” Childhood Education: Pendidikan Anak Usia Dini 1, No. 1 (2020): 1–6.
Suyanto, Slamet. “Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 1, No. 1 (2012): 1–10.
Tanduklangi, Rinaldus. “Analisis Tentang Tujuan Pendidikan Agama Kristen (PAK) Dalam Matius 28:19-20.” PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen 1, No. 1 (2020): 47–58.
Tutuk Ningsih. Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: STAIN Purwokerto, 2015.
Wafi, Abdul. “Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, No. 2 (2017): 133–139.
Wafi, Ali Abdul. Ibnu Khaldun: Riwayat Dan Karyanya. Jakarta: Grafiti Press, 1985.
Wajdi, Muh. Barid Nizaruddin. “Pendidikan Ideal Menurut Ibnu Khaldun Dalam Muqaddimah.” Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi 13, No. 2 (2015): 226–235.
Walean, Jefrie. “Kateketika Dalam Sejarah Pemikiran Pedagosis Kristen.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 2, No. 2 (2018): 105–114.
Wardani, Kristi. “Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara.” Proceedings International Conference On Teacher Education, No. November (2010): 230–239.
Copyright (c) 2022 Dicky Dominggus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.