Model dan Strategi Pembelajaran Yesus berdasarkan Injil Sinoptik dan Implementasinya bagi Guru Pendidikan Agama Kristen
Abstract
The success of Christian religious education can be observed from the joint corporation between Christian religious education teachers and students and maximizing the teaching which is the goal. Therefore, the role of the teacher in building models and learning strategies for Jesus based on the synoptic Gospels can be applied in the learning process. Using a descriptive qualitative method with a literature study approach, it can be concluded that teachers and all church leaders are expected to be able to convey the value of the Jesus Learning model and strategy for the congregation and students. Because the learning carried out by Jesus in developing spiritual values and can be implemented is what is expected to be maximized in the teaching carried out. Because this is based first on the importance of Christian education, for the congregation's spirituality and for students who continue to aim and focus on Jesus as an example in learning. So that it can bring the role of Christian religious education teachers in learning to explore in studies in the Synoptic Gospels to obtain a Jesus Learning model.
Keberhasilan pendidikan agama Kristen dapat dicermati dari koorporasi bersama antara guru Pendidikan Agama Kristen dan peserta didik serta memaksimalkan pengajaran yang yang menjadi tujuan tersebut. Oleh karena itu peran guru dalam membangun model dan strategi pembelajaran Yesus berdasarkan Injil sinoptik dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka maka didapatkan kesimpulan bahwa Guru dan seluruh pimpinan gereja sangat diharapkan dapat menyampaikan nilai dari model dan strategi pembelajaran Yesus bagi para jemaat maupun peserta didik. Sebab pembelajaran yang dilakukan oleh Yesus dalam mengembangkan nilai kerohanian serta dapat di implementasikan menjadi hal yang sangat diharapkan dapat dimaksimalkan dalam pengajaran yang dilakukan. Karena hal tersebut didasari pertama pentingnya pendidikan Kristen, bagi spiritual jemaat maupun peserta didik yang tetap mengarah dan berfokus kepada Yesus sebagai teladan dalam pembelajaran. Sehingga dapat membawa peran guru pendidikan agama Kristen dalam pembelajaran dapat mengeksplore dalam kajian dalam Injil sinoptik untuk didapatkan model Pembelajaran Yesus.
References
Agung, Imanuel, and Made Astika. “Penerapan Metode Mengajar Yesus Menurut Injil Sinoptik Dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen Di SMA Gamaliel Makassar.” Jurnal Jaffray (2011).
Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” Regula Fidei Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 94–106.
Chusna, Puji Asmaul. “Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak.” Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan 17, no. 2 (2017): 315–330.
Darmawan, I Putu Ayub, and Diana Kristanti. “Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Pembelajaran Di Sekolah Minggu.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2020): 1–12.
Eliasaputra, Mark Phillips, Martina Novalina, and Ruth Judica Siahaan. “Tantangan Pendidikan Agama Kristen Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Pasca Kebenaran.” BONAFIDE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2020): 1–22.
Ermindyawati, Lilis. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perilaku Siswa-Siswi Di SD Negeri 01 Ujung Watu Jepara.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 2, no. 1 (2019): 40–61.
Fathurrohman, Muhammad. “Model-Model Pembelajaran.” Universitas Negeri Yogyakarta. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Retrieved from (2015).
Ford, Leroy. A Primer For Teaching and Leaders. Bandung: Lembaga Literatur Baptis Indonesia, 1998.
GP, Harianto. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Dunia Pendidikan Masa Kini. Yokyakarta: Penerbit Andi, 2012.
Gunarsa, Singgih D. Psikologi Praktis Anak, Remaja,Dan Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2004.
Hastuti, Ruwi. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Sebagai Pusat Bermisi.” Jurnal Antusias 2, no. 4 (2013): 23–68.
Intarti, Esther Rela. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.” Regula Fidei 1, no. 2 (2016): 28–40.
Karnawati, Hosana, and I Putu Ayub Darmawan. “Lingkungan Proses Pembelajaran Yesus.” Veritas Lux Mea: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2019): 76–89. http://jurnal.sttkn.ac.id/index.php/Veritas/article/view/46/pdf.
Kristiani, Dina. “Implementasi Model Teaching Learning Menurut Injil Matius Terhadap Guru-Guru Pendidikan Agama Kristen Di Kota Surakarta.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2018): 438–458.
———. “Implementasi Model Teaching Learning Tuhan Yesus Menurut Injil Matius Terhadap Guru-Guru Pendidikan Agama Kristen Di Kota Surakarta.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2018): 1–21.
Kuhns, Janet. “Mengajar Secara Kreatif.” Jurnal Jaffray 1, no. 1 (January 5, 2005): 90. http://ojs.sttjaffray.ac.id/index.php/JJV71/article/view/171.
Nainggolan, Jhon M. Menjadi Agama Kristen,. Bandung: Generasi Info Media, 2007.
Nainggolan, John M. PAK Dalam Masyarakat Majemuk. Bandung: Bina Media Informasi, 2009.
Notosoedirjarjo, Moeljono. Kesehatan Mental, Konsep Dan Penerapan. Malang: UMM Press, 2014.
Nuh, Semion, I Putu Ayub Darmawan, and Edi Sujoko. “Implementasi Pak Konteks Gereja Di Gkii Tandang, Semarang.” Pengarah: Jurnal Teologi Kristen 1, no. 1 (2019): 59–70.
Nuhamara, Daniel. Pembimbing PAK. Bandung: Jurnal Info Media, 2007.
Oci, Markus. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 2, no. 1 (2019): 143–160.
Priansa, and Doni Juni. Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran. bandung: CV Pustaka Setia, 2017.
Rantesalu, Marsi Bombongan, and Hesti Arista Dara. “Penerapan Model Pembelajaran Yesus Dalam Matius 7:24-29 Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smpn 12 Kota Kupang.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 1, no. 1 (2020): 92–107.
Rifai. “Pendidikan Kristen Dalam Membangun Karakter Remaja Di Sekolah Menengah.” Antusias-Jurnal Teologi dan Pelayanan 2, no. 2 (2012): 1–17.
Sagala, Lenda Dabora. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Menghadapi Perubahan Sosial.” Jurnal Simpson: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2017): 48.
sairin weinata. Identitas & Ciri Khas Pendidikan Kristen Di Indonesia. jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.
Santosa, Donald Samuel Slamet, Donna Sampaleng, and Abdon Amtiran. “Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2020): 11–24.
Saptono Yohanes Joko. “Motivasi Dan Keberhasilan Belajar Siswa.” Jurnal pendidikan agama kristen I, no. 1 (2016): 189–212.
Simanjuntak, Junihot M. “Belajar Sebagai Identitas Dan Tugas Gereja.” Jurnal Jaffray 16, no. 1 (2018): 1.
Sinlae, Ronald Yohanes. “Kompetensi Pedagogik Tuhan Yesus Dalam Injil Matius Pasal 5-7.” Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan 4, no. 1 (2019): 35–55.
Stefanus, Daniel. Pendidikan Agama Kristen Kemajemukan. bandung: BMI Bina Media Informas, 2009.
Sutoyo, Daniel. “Implementasi Metode Pengajaran Tuhan Yesus Dalam Injil-Injil.” Antusias: Jurnal Teologi dan Pelayanan 1, no. 1 (2011): 41–96.
T Umar and S. L. La Sulo. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Umrati, and Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.
Warren, Rick. The Purpose Driven Church. Malang: Gandum Mas, 2004.
Copyright (c) 2021 Yonatan Alex Arifianto, Hardi Budiyana, Paulus Purwoto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.