Urgenitas Dalam Menerapkan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Bagi Orang Dewasa Di Gereja

  • Ika Widyasari Simanjuntak Sekolah Tinggi Teologi REAL Batam
  • Talizaro Tafonao Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
Keywords: Urgenitas, Kurikulum, Pendidikan, Kristen, Gereja

Abstract

This paper departs from the author's concern for the curriculum for adults in the church, that until now the curriculum has not been a particular concern for ministers and teachers in the church in adopting the curriculum as reviewed in this paper.  The purpose of writing this article is to encourage churches to pay attention to curricula for adults to mature church members into strong congregations in the faith. The method used is the library research method (library research or literature review) by examining the urgency of implementing the curriculum for adults. The analysis process carried out is to use various literary sources, both journals, books and other reliable reference materials to support the author's analysis. The results of this study found that there is significance in implementing the curriculum for adults with indicators, namely recognizing adult characteristics, the Bible as the basis of the curriculum, the foundation of the development of the Christian religious education curriculum and curriculum implementation strategies. Thus, the curriculum places a very strategic and urgent position in carrying out the learning process for adults in the church.

Tulisan ini berangkat dari keprihatinan penulis terhadap kurikulum bagi orang dewasa dalam gereja, bahwa sampai saat ini kurikulum belum menjadi perhatian khusus bagi para pelayan dan pengajar di gereja dalam menerapkan kurikulum sebagaimana ulasan tulisan ini. Tujuan penulisan artikel ini adalah mendorong gereja untuk memperhatikan kurikulum bagi orang dewasa untuk mendewasakan warga gereja menjadi jemaat kokoh dalam iman. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pustaka dengan mengkaji urgenitas dalam menerapkan kurikulum bagi orang dewasa. Proses analisis yang dilakukan adalah menggunakan berbagai sumber literatur-literatur baik jurnal, buku dan bahan referensi lainnya yang terpercaya untuk mendukung analisis penulis. Hasil penelitian ini menemukan bahwa adanya signifikansi dalam menerapkan kurikulum bagi orang dewasa dengan indikator, yaitu mengenal karakteristik orang dewasa, Alkitab sebagai dasar kurikulum, landasan pengembangan kurikulum pendidikan agama Kristen dan strategi penerapan kurikulum. Dengan demikian bahwa kurikulum menempatkan posisi yang sangat strategi dan urgen dalam melaksanakan proses pembelajaran bagi orang dewasa dalam gereja.

References

Alhamuddin. “Sejarah Kurikulum di Indonesia”. Nur El-Islam 1 (2014): 48–58.

Belo, Yosia. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Matius 28:19-20”. Jurnal Luxnos 5, no. 2 (2019): 127–133.

Darmawan, I Putu Ayub. “Jadikanlah Murid: Tugas Pemuridan Gereja Menurut Matius 28:18-20”. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 3, no. 2 (2019): 144–153.

GP, Harianto. Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab & Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: Andi Offset, 2016.

Groome, Thomas H. Christian Religious Education. Cetakan 4. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2014.

Hartono, Handreas. “Mengaktualisasikan Amanat Agung Matius 28 : 19-20 dalam Konteks Era Digital”. KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 4, no. 2 (2018): 19–20.

Hasugian, Johanes Waldes. “Kurikulum Pendidikan Kristen bagi Orang Dewasa di Gereja”. KURIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2019): 36–53.

J.M Nainggolan. Strategi Pendidikan Warga Gereja. Cetakan I,. Penerbit Generasi Info Media, 2008.

Karnawati, Karnawati, וPriyantoro Widodo. “Landasan Filsafat Antropologi-Teologis Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Kristen”. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 3, no. 1 (2019): 82.

Kawangung, Yudhi; Rinto Hasiholan Hutapea; Yuel Yoga Dwianto. “Pemetaan Kurikulum dan Strategi Pembelajaran Sekolah Minggu”. Sabda: Jurnal Teologi Kristen 1 (2020): 71–84.

Labai, Paulus. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Kristen”, no. 3 (2014): 1–12.

Lumban Tobing, Nancy. “Kurikulum Pendidikan Agama Kristen di Indonesia”. Mitra Sriwijaya: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2020): 77–108.

Marbun, Purim. “Strategi Pembelajaran Transformatif”. Diegesis : Jurnal Teologi 4, no. 2 (2019): 41–49.

Mohammad Ansyar. KURIKULUM Hakikat,Pondasi, Desain dan Pengembangan. Cetakan II. Jakarta: Penerbit Kencana, 2017.

Muliawan, Jasa Ungguh. Metodologi Penelitian Pendidikan. Cetakan I,. Yogyakarta: Penertbit Gava Media, 2014.

Nainupu, Astrid Maryam Yvonny, וAyang Emiyati. “Kunci Keberhasilan Seorang Anak Dalam Pemaparan Alkitab”. Didache: Journal of Christian Education 1, no. 2 (2020): 91.

Ngalimun. Strategi dan Model Pembelajaran. Cetakan II. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014.

Riniwati, Riniwati. “Bentuk Dan Strategi Pembinaan Warga Jemaat Dewasa”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen STT Simpson Tahun 2016 Tema: Strategi Pembinaan Jemaat Untuk Meningkatkan Kehidupan Jemaat, no. April (2016): 1–13.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Dan Prenada, 2012.

Sihombing, Yusak Eka Putra. “Signifikansi Pendidikan Gereja dalam Gereja Lokal”. Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (1981): 1689–1699.

Simanjuntak, Junihot M. “Implikasi Konsep dan Desain Kurikulum Dalam Tugas Pembinaan Warga Gereja” 12, no. 2 (2014).

Sinaga, Solmeriana, וDemsy Jura. “Desain Kurikulum Pendidikan Agama Kristen untuk Ibadah yang Berorientasi Pada Etos Kerja Kristen Bagi Pegawai Pemerintah di Balai Kota Propinsi DKI Jakarta”. Jurnal Pendidikan Agama Kristen SHANAN 3, no. 2 (2019): 1–25.

Tafonao, Talizaro. “Pendidikan Kewirausahaan Bagi Warga Gereja Di Era Digital”. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen 2, no. 1 (2020): 127–146.

———. “Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga Terhadap Perilaku Anak”. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 3 (2), 2018 ISSN 2541-0261 3, no. 2 (2018): 121–133.

Tafonao, Talizaro, וPrasetyo Yuliyanto. “Peran pendidikan agama kristen dalam memerangi berita hoaks di media sosial”. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 2, no. 1 (2020): 1–12.

Tari, Ezra, וTalizaro Tafonao. “Pendidikan anak dalam keluarga berdasarkan kolose 3:21”. Kurios: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2019): 24–35.

Tubulau, Imanuel. “Kajian Teoritis Tentang Konsep Ruang Lingkup Kurikulum Pendidikan Agama Kristen”. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 2, no. 1 (2020): 27–38.

Wagiu, Nandari Pastica. “Implementasi Peran Orangtua Menurut Ulangan 6:4-9 Dalam PAK Keluarga Di Gereja Masehi Injili Di Minahasa”. Journal of Chemical Information and Modeling, no. 9 (2020).

Wasmi. “Penerapan Strategi Pembelajaran Interaktif Berbantikan Pertanyaan penyelidikan Untuk Meningkatkan Aktivitas dan hasil Belajar Siswa”. Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (1981): 1689–1699.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kelima. Jakarta: Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Published
2021-04-21