Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Kristen Masa Pandemi Covid–19 di SMAN 1 Damang Batu

  • Hendri Hendri Mahasiswa Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
Keywords: covid-19, guru, pendidikan agama kristen, strategi

Abstract

 

This research aims to describe the strategy of Christian Education teachers in carrying out learning in the covid-19 pandemic. This research method is qualitative research with a qualitative descriptive approach. The data collection techniques used are in-depth interview and documentation techniques. The results showed that the learning strategy used by PAK teachers in SMAN 1 Damang Batu is an expository learning strategy with components that include: introduction, information delivery, student participation, tests (evaluation), as well as KKM follow-up activities. Then, it was found that the efforts of the principal in assisting teachers in implementing learning strategies during the covid 19 pandemic, namely by increasing teacher work motivation, performance supervision, and clinical supervision.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Kristen dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemic covid-19. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan guru PAK di SMAN 1 Damang Batu adalah strategi pembelajaran ekspositori dengan komponen-komponenyang meliputi: pendahuluan, penyampaian informasi, partisipasi peserta didik, tes (evaluasi), serta kegiatan lanjutan KKM. Kemudian, ditemukan upaya kepala sekolah dalam membantu guru dalam melaksanakan strategi pembelajaran dimasa pandemi covid 19 yaitu dengan peningkatan motivasi kerja guru, pengawasan kinerja, serta supervisi klinis.

References

Afifuddin dan Beni Ahmad Saebeni. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia, 2012.

Anitah, Sri. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.

Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media, 2008.

Dick dan Carey. Komponen Strategi Pembelajaran. http://Komponen strategi pembelajaran /2005/08/17/. Diakses tanggal 18 Agustus 2021 (03: 12 WIB)

Ibrahim, Bafadal. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Mangkunegara, Anwar Prabu. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), diakses dari (https://covid19.go.id/p/regulasi/permenkes-no-9-tahun-2020-tentang-pedoman-psbb-dalam-rangka-percepatan-penanganan-covid-19, pada tanggal 26 Februari 2021.

Permendikbud Nomor 24 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh pada Pendidikan Tinggi.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.

Surat Edaran Sekretaris Jenderal No. 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Belajar dari Rumah selama Darurat Bencana Corona Virus Disease (Covid-19).

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Wena, Made. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksar, 2011.

Winataputra, Udin S. dkk. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, 2001.

Published
2021-10-31