Self Efficacy dan Kemandirian Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa di SMAN 1 Palangka Raya

  • Yuel Yuel Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Christophany Keintjem Mahasiswa Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya

Abstrak

This study aims to examine the effect of self-efficacy on the learning independence of Christian Religious Education students at SMAN 1 Palangka Raya. Self efficacy is a self-belief or an assessment of one's own abilities. The method used in this research is quantitative. The data analysis technique uses simple regression to determine the effect of the self-efficacy variable on students' learning independence. The data were obtained by distributing questionnaires to students. The results of the study concluded that self-efficacy has a significant effect on learning independence, this is supported by data analysis and objective research on students of SMAN 1 Palangka Raya.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh self efficacy terhadap kemandirian belajar  Pendidikan Agama Kristen siswa SMAN 1 Palangka Raya. Self efficacy merupakan keyakinan diri atau penilaian tentang kemampuan diri sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif. Teknik analisa data menggunakan regeresi sederhana untuk mengetahui pengaruh variabel self efficacy terhadap kemandirian belajar siswa. Data diperoleh dengan menyebarkan angket kepada siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa self efficacy memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian belajar, hal ini didukung dengan analaisis data dan penelitian yang objektif kepada siswa SMAN 1 Palangka Raya.

Referensi

Adicondro, Nobelina, and Alfi Purnamasari. “EFIKASI DIRI, DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII.” HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal 8, no. 1 (January 24, 2011): 17. http://journal.uad.ac.id/index.php/HUMANITAS/article/view/448.

Aini, Prastya Nor, and Abdullah Taman. “PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SEWON BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 10, no. 1 (June 1, 2012). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/921.

Creswell, John W. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2021.

Farihah, Faridatul. “Pengaruh Self Efficacy Terhadap Stres Mahasiswa Angkatan 2010 Yang Menyusun Skripsi Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.” Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, 2014.

Hutapea, Rinto Hasiholan. “Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Di Masa Covid-19.” Didache: Journal of Christian Education 1, no. 1 (2020): 1.

Nurhayati, Eti. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Ormrod, Jeanne Ellis. Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh Dan Berkembang. Jakarta: Erlangga, 2008.

Priyatno, Duwi. Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom, 2012.

Sidabutar, Hasudungan, and Rinto Hasiholan Hutapea. “Kontribusi Teologi Dispensasionalisme Bagi Pendidikan Kristen.” The Messengers: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2020): 1–24.

Tiku, Rismawati. “Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) Kelas VII Di SMP Negeri 3 Palangka Raya.” STAKN Palangka Raya, 2017.

Warsiti, Ariyana. “Self-Efficacy Dan Intensi Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Pakem.” Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.

Widiyanto, Arif. “Pengaruh Self-Efficacy Dan Motivasi Berprestasi Siswa Terhadap Kemandirian Belajar Mata Pelajaran Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Di SMK N 2 Depok.” Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.

Yanti, Silvia, and Edy Surya. “Kemandirian Belajar Dalam Memaksimalkan Kualitas Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan (2017).

Diterbitkan
2021-04-21
Bagian
Articles