Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Learning Bagi Peningkatan Prestasi Pendidikan Agama Kristen

  • Marsi Bombongan Rantesalu Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Sintikhe Pasaribu Penyuluh Agama Kristen Kementerian Agama Tana Toraja
Keywords: model, pembelajaran, pendidikan, agama, kristen

Abstract

One of the factors that support the success of learning in the classroom is the use of learning models. Among the many learning models, there is an inquiry learning model. In practice, schools that use this method correctly benefit from increasing student academic achievement. The inquiry learning model is directly related to cognitive theory. In fact, the use of this learning model is not entirely successful. This study aims to find out the reasons why the use of inquiry learning learning models have not been able to improve student achievement in Christian Religious Education subjects and how to use inquiry learning models in Christian Religious Education subjects for class VIII SMPN 2 Makale. In this study, the authors used qualitative research with descriptive methods, namely describing or explaining the results of research in clear and detailed words based on qualitative data. The results showed that the reason the use of the inquiry learning learning model had not improved the learning achievement of Christian Religious Education at SMPN 2 Makale was because it was difficult for Christian religious teachers to apply the use of learning models, the use of facilities and infrastructure was not optimal, students were less proactive in inquiry learning, and the lack of time allocation in learning.

Salah satu faktor yang menunjang keberhasilan pembelajaran di kelas adalah menggunakan model pembelajaran yang tepat. Di antara sekian banyak model pembelajaran terdapat model pembelajaran inquiry learning. Di sekolah-sekolah pada umumnya yang menggunakan metode inquiry learning dengan maksimal akan berdampak pada prestasi akademik siswa. Model inquiry learning berkaitan langsung dengan teori kognitif.  Pada kenyataannya penggunaan Model pembelajaran ini tidak sepenuhnya berhasil.  Penelitian ini bertujuan untuk menemukan alasan  penggunaan model pembelajaran inquiry learning belum bisa meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan bagaimana penggunaan model pembelajaran inquiry learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas VIII SMPN 2 Makale.  Pada penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu menggambarkan atau memaparkan hasil penelitian dengan kata-kata yang jelas dan terinci berdasarkan data kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan penggunaan model pembelajaran inquiry learning belum meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Kristen di SMPN 2 Makale adalah karena guru agama Kristen sulit menerapkan penggunaan model pembelajaran, penggunaan sarana dan prasarana tidak maksimal, peserta didik kurang proaktif dalam pembelajaran inquiry learning, dan kurangnya alokasi waktu dalam pembelajaran.  Oleh karena itu pihak sekolah perlu memberi perhatian khusus dan memfasilitasi penerapan Model inquiry learning.

References

Ambalinggi’, Marthinus. “Wawancara Oleh Penulis Berkaitan Dengan Model Pembelajaran Inquiry Learning Di SMPN 2 Makale,” n.d.

———. “Wawancara Oleh Penulis,” Mei 2020.

———. “Wawancara Oleh Penulis,” June 2020.

Andiasari, Liena. “Penggunaan Model Inquiry Dengan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran IPA Di SMPN 10 Probolinggo.” Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan 3, no. 1 (February 23, 2015). Accessed October 11, 2021. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jkpp/article/view/2186.

Arung Bone, Arnelio. “Wawancara Oleh Penulis,” June 2020.

Asri Budiningsih, C. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

B. Uno, Hamzah. Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, Dan Reformasi Di Indonesia. Jakarta: Aksara, 2008.

Batara Sanda, Indri. “Wawancara Oleh Penulis,” Mei 2020.

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media, 2005.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Balai Pustaka, 1994.

Dwijora, Nindy Vena, and Junihot Simanjuntak. “Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal TEDC 14, no. 3 (September 25, 2020): 249–254.

Gallen, Abraham. “Wawancara Oleh Penulis,” Mei 2020.

Moleong, Lexi. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Noviega, Delima. “Wawancara Oleh Penulis,” Mei 2020.

Nurjanah, Nunung. “Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Dan Operasi Bilangan Anak Usia Dini.” Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung 3, no. 2 (February 6, 2018): 105–119.

Pabidang, Desri. “Wawancara Oleh Penulis,” Mei 2020.

Paseru, Agnes. “Wawancara Oleh Penulis,” Mei 2020.

Pratiwi, Diah Eka, and Mawardi Mawardi. “Penerapan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 2 (March 4, 2020): 288–294.

Salinding, Milcha. “Wawancara Oleh Penulis,” Mei 2020.

Simbolon, Dewi Sartika. “Meningkatkan Hasil Belajar PAK Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri.” JURNAL GLOBAL EDUKASI 3, no. 6 (May 10, 2021): 321–328.

Sineke, Djasima. “Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas Viii Application Of Inquiry Learning Learning Models To Improve The Motivation Of Christian Religious Education Students Of Class Viii.” DIDAXEI 1, no. 2 (December 7, 2020). Accessed October 11, 2021. http://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/view/209.

Styosari, Punaji. Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta: Perdana Media Grup, 2010.

Subagyo, Andreas B. Pengantar Riset Kuantitatif & Kualitatif. Bandung: Kalam Hidup, 2004.

Sugyono,. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2005.

Tandi Russun, Serpin. “Wawancara Oleh Penulis,” June 2020.

Thomas Edison. 52 Metode Mengajar. Bandung: Kalam Hidup, 2017.

Yuyun. “Wawancara Oleh Penulis,” June 2020.

Published
2021-10-31