Pengembangan Pribadi Guru PAK dan Siswa Sekolah Dasar Nekbaun
Abstract
This research intends to describe the personality of Christian Education teachers as a model of student personality development. The personality of the teacher is the essential nature of a teacher that is reflected and can be seen in everyday attitudes. It can be seen and exemplified by students. The method used in this study is qualitative descriptive. The data collected is interviews and documentation. The results showed that interview studies of PAK teacher respondents generally showed that PAK teachers have good personalities. This good personality provides good examples for students as well. Good example is in the form of transparency in terms of dressing, speaking, behaving and behaving well in everyday life in the classroom, school environment, and in the community environment. Furthermore, the analysis of interview research results to respondents of class V of Nekbaun State Elementary School showed that generally respondents gave good assessment.
Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan keperibadian guru Pendidikan Agama Kristen sebagai model pengembangan kepribadian siswa. Kepribadian guru merupakan sifat hakiki dari seorang guru yang tercermin dan dapat dilihat dalam sikap sehari-hari. Hal ini dapat dilihat dan dicontoh oleh siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian wawancara responden guru PAK umumnya menunjukkan bahwa guru-guru PAK memiliki kepribadian yang baik. Kepribadian yang baik ini memberikan keteladanan yang baik juga bagi siswa. Keteladanan baik itu berupa keteladanan dalam hal berbusana, berkata-kata, bersikap dan berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari di kelas, lingkungan sekolah, serta di lingkungan masyarakat. Selanjutnya analisa hasil penelitian wawancara kepada responden siswa kelas V SD Negeri Nekbaun menunjukkan bahwa umumnya responden memberikan penilaian baik.
References
Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Indrakusuma, Amir Daien. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1973.
Marimba, Ahmad D. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Al-Ma'arif, 1989.
Mulyana, E. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1990.
Sidjabat, B. S. Mengajar Secara Profesional Mewujudkan Visi Guru Profesional. Bandung: Kalam Hidup, 2009.
Surya, Mohamad. Psikologi Guru: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Alfabeta, 2014.
Suyanto dan Asep Jihad. Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Erlangga, 2013.
Copyright (c) 2021 Wardana Kussuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.