Pengaruh E-Learning Berbasis Aplikasi Google Classroom dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Kristen Palangka Raya
Abstract
Google Classroom is very popular nowadays, especially during this remote learning due to Covid-19 pandemic. However, the effectiveness of its use has yet to be ascertained on students' learning result, including in Christian Religious Education learning process. This research was conducted at Palangka Raya Christian Middle School with the research purpose is to find out how much e-learning based on Google Classroom application in Christian Religious Education learning has effect on learning outcomes. Research method that used is non-experimental quantitative with a comparative causal type of research, so this method is to examine cause-and-effect relationships. The population in this research were all students in Palangka Raya Christian Middle School, i.e 104 students, while the sample used was 34 students at eighth grade. The results showed that there was an effect of e-learning based on the google classroom application in learning Christian Religious Education, towards learning outcomes of students at Palangkaraya Christian Middle School with a significance level of 0.249 > 0.05. This effect is relatively small with an R Square value of 41%. That is, the learning outcomes of eighth grade students at Palangka Raya Christian Middle School are more influenced by other variables in improving student learning outcomes.
Aplikasi google classroom sangat populer digunakan saat ini, terlebih di tengah sistem pembelajaran jarak jauh sejak pandemi Covid-19. Namun demikian efektivitas penggunaannya belum dapat dipastikan terhadap keberhasilan belajar peserta didik, termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Penelitian ini dilakukan di SMP Kristen Palangka Raya dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh e-learning berbasis aplikasi google classroom dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Kristen Palangka Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif non-eksperimen dengan jenis penelitian kausal komparatif untuk meneliti hubungan sebab-akibat. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Kristen Palangka Raya yang berjumlah 104 siswa, sedangkan untuk sampel yang digunakan adalah 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh e-learning berbasis aplikasi google classroom dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Kristen Palangka Raya dengan taraf signifikasi sebesar 0,249 >̲ 0,05. Adapun pengaruh tersebut terbilang kecil dengan nilai R Square sebesar 41%. Artinya, hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Kristen Palangka Raya lebih besar dipengaruhi oleh variabel lain dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Darmawan, Yuda. “Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Jurusan IPS.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2019.
Ernawati. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Tehadap Kualitas Pembelajaran Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Di MAN 1 Kota Tangerang Selatan.” UIN Syarif Hidayatullah, 2018.
Gloria. “Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Melalui Model Window Shopping Pada Siswa Kelas IX SMPN 3 Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2022). https://ejournal.iaknpky.ac.id/index.php/harati/article/view/102.
Harianto. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Dunia Masa Kini. Yogyakarta: ANDI, 2012.
Hayati, Sri. Pembelajaran Berbasis Coopperative Learning. Yogyakarta: Graha Cendekia, 2017.
Homrighausen, and Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.
Jayanti, D.R. “Transformasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dtufy Implmentasi E-Learning Pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI SMA N 9 Yogyakarta.” Universitas Negeri Yogyakarta, 2010.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kemendikbud RI. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI Nomor 109 Tahun 2013 Tentang Pendidikan Jarak Jauh. Jakarta: Kemendikbud, 2013.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kemendikbud RI. Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah. Jakarta: Kemendikbud, 2020.
Nuhamara, D. Pembimbing Pendidikan Agama Kristen (PAK). Jurnal Inf. Bandung, 2007.
Raresik, K.A, and W Widiana. “Analisi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD GUGUS VI.” Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha 1, no. 1 (2016).
Retnosari, D, and M.R Wathani. “Sistem Informasi E-Learning Untuk Pengembangan Media Pembelajaran Pada Madrasah Aliyah.” Jurnal Info Teknik 18, no. 2 (2017): 191–200.
Riduwan. Metode Dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta, 2019.
Serrano, J.B, and S. Hasugian. Pedoman Untuk Guru. Bandung: Bina Media Informasi, 2009.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
Utami, Rini. “Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Penggunaan Google Classroom Pada Mata Kuliah Psikologi Pembelajaran Matematika.” In PRISMA:Prosiding Seminar Nasional Matematika. Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2019.
Yazdi, M. “E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi.” Jurnal Ilmiah Foristek 2, no. 1 (2012).
Copyright (c) 2022 Silvia Rahmelia, Maria Agustina, Rudie

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.