Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Kelas VIII di SMP Negeri 7 Palangka Raya
Abstract
This article discusses the influence of learning independence on the learning outcomes of Christian Religious Education in class VIII students at SMP Negeri 7 Palangka Raya. This research is a quantitative research of non-experimental methods. The variables studied were Learning Independence (X) and Learning Outcomes of Christian Religious Education (Y). This study aims to determine the influence of learning independence (X) on the learning outcomes of Christian Religious Education (Y), and to find out whether there is an influence and how much influence learning independence (X) has on the learning outcomes of Christian Religious Education (Y) students at SMP Negeri 7 Palangka Raya. The sample used was 38 people, while data collection was carried out with a questionnaire instrument. The results showed that the t-test analysis was calculated at 2,083, obtained a ttable value of 2,028. With a calculation greater than ttabel (2,083> 2,028) it means that Ha1 is rejected and H01 is accepted, and there is a significant direct influence between Learning Independence on the Learning Outcomes of Christian Religious Education at SMP Negeri 7 Palangka Raya, with a Coefficient of Determination of 10.8% the remaining 89.2% is influenced by other factors that were not studied.
Artikel ini membahas tentang pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Kristen pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 7 Palangka Raya. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif metode non eksperimen. Variabel yang diteliti yaitu Kemandirian Belajar (X) dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar (X) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Kristen (Y), dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan seberapa besarnya pengaruh kemandirian belajar (X) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Kristen (Y) peserta didik di SMP Negeri 7 Palangka Raya. Sampel yang digunakan sebanyak 38 orang, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan instrumen kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis uji-t thitung sebesar 2,083, didapat nilai ttabel sebesar 2,028. Dengan thitung lebih besar dari ttabel (2,083> 2,028) artinya Ha1 ditolak dan H01 diterima, serta terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara Kemandirian Belajar terhadap Hasil belajar Pendidikan Agama Kristen di SMP Negeri 7 Palangka Raya, dengan Koefisien Determinasi sebesar 10,8% sisanya 89,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
References
Aunurrahman. Belajar Dan Pembelajaran. bandung: Alfabeta, 2010.
Bungsu, Titin Kurnia, Mulkah Vilardi, Padillah Akbar, and Martin Bernard. “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil BelajarMatematika Di SMKN 1 Cihampelas.” Journal on Education 1, no. 2 (2019). https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/78.
Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
———. Psikologi Perkembangan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Fatimah, E. Psikologi Perkembangan. Bandung: Pustaka Setia, 2010.
Fitriana, Sitti, Hisyam Ihsan, and Suwardi Annas. “Pengaruh Efikasi Diri, Aktivitas, Kemandirian Belajar, Dan Kemampuan Berfikir Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP.” Journal of Educational Science and Technology 1, no. 2 (2015).
Frankel, J. P., and N. E. Wallen. How to Design and Evalute Research in Education. New York: Mc Graw-Hill Inc., 2008.
Gea., Dkk. Character Building 1 Relasi Dengan Diri Sendiri (Edisi Revisi). Jakarta: Elex Media Komputindo, 2003.
Hadi, Syamsu, and Fitriana Salis Farida. “Pengaruh Minat, Kemandirian, Dan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 5 Ungaran.” Dinamika Pendidikan 7, no. 1 (2012). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/DP/article/view/4913.
Hidayat, Dede Rahmat, Ana Rohaya, Fildzah Nadine, and Hary Ramadhan. “KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID -19.” Perspektif Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Jakarta, 2020. http://dx.doi.org/10.21009/pip.342.9.
Hidayati, Kana, and Endang Listyani. “Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 14, no. 1 (2010). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/1977.
Hutapea, Rinto Hasiholan. “Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Kurikulum 2013.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 1, no. 1 SE-Articles (June 18, 2019). https://ojs-jireh.org/index.php/jireh/article/view/10.
———. “Instrumen Evaluasi Non-Tes Dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif Dan Psikomotorik.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 2 (2019): 151–165. http://jurnalbia.com/index.php/bia/article/view/94.
———. “Meneropong Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Model Perilaku Peserta Didik.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen) 1, no. 2 (2019): 66–75. http://jurnal.sttkn.ac.id/index.php/Veritas/article/view/44/pdf.
Kurniawan, Endar Aditria. “Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Sikap Ilmiah Dalam Metode Eksperimen Berbasis Verifikasi Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII Semester Genap SMPN 2 Wonosobo Tahun Pelajaran 2012/2013.” Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2014.
Octavia, S. A. Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. Yogyakarta: Budi Utama, 2020.
Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Rahmawati, D. “Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa SDN Purwoyoso 6 Semarang.” Universitas Negeri Semarang, 2016.
Riduwan., Dkk. Cara Mudah Belajar SPSS 17.0 Dan Aplikasi Statistik Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2013.
S., Anitah. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka, 2009.
Sugianto, Irfan, Savitri Suryandari, and Larasati Diyas Age. “Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah.” Jurnal Inovasi Penelitian 1, no. 3 (2020).
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
Suhendri, H. “Pengaruh Kecerdasan Matematis Logis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 1, no. 1 (2011).
Tari, Ezra, and Rinto Hasiholan Hutapea. “Peran Guru Dalam Pengembangan Peserta Didik Di Era Digital.” Jurnal Kharisma 1, no. 1 (2020): 1–13. http://jurnalsttkharisma.ac.id/index.php/Kharis/article/view/1.
Copyright (c) 2022 Alti Destri Destri, Rinto Hasiholan Hutapea

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.