Prinsip Guru Pendidikan Agama Kristen Memotivasi Belajar Peserta Didik dalam Perspektif Alkitab

  • Sumiati Sumiati STT Sangkakala
  • Reni Triposa Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala
Keywords: guru, motivasi belajar, alkitabiah, pendidikan agama kristen

Abstract

Students in the teaching and learning process can give different responses due to family problems or other things that cause a lack of enthusiasm for learning. Likewise with unhealthy associations, and external influences can have an impact on the lives of students in spiritual life and the teaching and learning process in class. Through a literature study research with a descriptive qualitative approach, the writer describes the principles of Christian religious education teachers in motivating students' learning. So it can be concluded that Christian religious education teachers as motivators will certainly find it easier to enter into the realm of problems and struggles of students because psychologically Christian religious education teachers can approach it through spiritual concepts so that it can arouse passion and motivate students to have life values. , spiritual values, and moral values.

Peserta didik dalam proses belajar mengajar bisa memberikan respon yang berbeda akibat persoalan keluarga ataupun hal-hal yang lain yang menimbulkan kendornya semangat belajar. Begitu juga dengan pergaulan yang tidak sehat, dan pengaruh dari luarpun bisa berdampak bagi kehidupan peserta didik dalam kehidupan rohani maupun proses belajar mengajar di kelas. Melalui penelitian studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif penulis mendeskripsikan prinsip-prinsip guru pendidikan Agama Kristen sebagai motivator dalam perspektif Alkitab. Sehingga dalam pelaksanaan tugasnya sebagai guru pendidikan agama Kristen yang berperan sebagai motivator tentunya akan lebih mudah untuk masuk dalam ranah afektif pada proses pembelajaran yang mengarah pada permasalahan dan pergumulan peserta didik, dengan melakukan pendekatannya melalui konsep-konsep spiritual sehingga dapat membangkitkan gairah memberikan motivasi membentuk peserta didik memiliki nilai hidup, nilai spiritual, dan nilai moral. Prinsip-prinsip guru sebagai motivator juga diteladankan Yesus yang adalah Guru Agung yang mampu membangkitkan motivasi dalam diri peserta didikNya.

Author Biography

Reni Triposa, Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala

Andjarwati, Tri. “Motivasi Dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow,.” Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen 1, no. 1 (2015): 45--54.

Arifianto, Yonatan Alex. “Makna Sosio-Teologis Melayani Menurut Roma 12:7.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 2, no. 2 (2020): 184–197.

Arifianto, Yonatan Alex, and Ferry Purnama. “Misiologi Dalam Kisah Para Rasul 13 : 47 Sebagai Motivasi Penginjilan Masa Kini.” KHARISMA: Jurnal Ilmiah Teologi 1, no. 2 (2020): 117–134.

Asmani, Jamal Ma’mur. 7 Tips Aplikasi PAKEM; Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan. jogjakarta: DIVA Press, 2011.

———. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif Dan Inovatif. jogjakarta: DIVA Press, 2013.

Aunurrahman. Belajar Dan Pembelajaran. bandung: Alfabeta, 2010.

Barnabas, Santo. “Kajian Biblika Mengenai Nabi-Nabi Palsu Berdasarkan Matius 7 : 15-23 Serta Implikasinya Dalam Kehidupan Hamba Tuhan” (n.d.): 15–23.

Budyana, Hardi. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Kristen. surakarta: STT Berita Hidup, 2011.

Darmadi, Hamid. “Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional.” Pendidikan 13 (2015): 163–164.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gra-media Pustaka Utama, 2008.

Emda, Amna. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.” Lantanida Journal 5, no. 2 (2018): 172.

Enim, Tanjung. “STT Ebenhaezer STTE Tinjauan Alkitabiah Terhadap Falsafah Jawa ” Ing Ngarsa Sung Tu Ladha , Ing Madya Mangun Karsa , Tut Wuri Handayani ”” 4, no. 1 (2019): 69–84.

Enklaar, E.G. Homrighausen dan I.H. Pendidikan Agama Kristen. jakarta: BPK Gunung Mulia, 2004.

Fatchurrohman, Rudy. “Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kesiapan Belajar, Pelaksanaan Prakerin Dan Pencapaian Kompetensi Mata Pelajaran Produktif.” Innovation of Vocational Technology Education 7, no. 2 (2017): 164–174.

Gunawan, Heri. Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta, 2012.

Hamalik, H. Oemar. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. bandung: PT Rosdakarya, 2011.

Haris, Asep Jihad dan Abdul. Evaluasi Pembelajaran. yogyakarta: Multi Pressindo, 2008.

Hendro H. siburian, Arif Wicaksono. “Makna Belajar Dalam Perjanjian Lama Dan Implementasinya Bagi PAK Masa Kini, Fidei: No. 2.” Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 2 (2019).

Hutabarat, Oditha R. Model-Model Pembelajaran Aktif Pendidikan Agama Kristen SD, SMP, SMA Berbasis Kompetensi. bandung: Bina Media Informasi, 2005.

Ii, B A B, and A Konsep Teoretis. “Alex Sobur, Loc. Cit Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, (Yogyakarta: CV. Andi Ofset, 2005), h. 99-100 12” (2005): 12–34.

Irmalia, Anggraini Susi. “MOTIVASI BELAJAR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH: SEBUAH KAJIAN PADA INTERAKSI PEMBELAJARAN MAHASISWA Irmalia Susi Anggraini *.” Jurnal Mahasiswa, no. 1 (2001): 100–109.

Kadarmanto, Ruth S, and Gunung Mulia. “Ruth S. Kadarmanto, M.A,” 2012 (2012).

Kristianto, Paulus Lilik. Prinsip Dan Praktik Pendidikan Agama Kristen. yogyakarta: ANDI, 2010.

Kyriacou, Charis. Effective Teaching. bandung: Nusa Media, 2011.

Lukmanul, Hakiim. Perencanaan Pembelajaran. bandung: CV Wacana Prima, 2009.

Mulyasa, E. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Non-Serrano, Janse. Pedoman Untuk Guru PAK SD-SMA Dalam Melaksanakan Kurikulum Baru. bandung: Bina Media Informasi, 2009.

Non-Serrano, Janse Belandina. Pedoman Untuk Guru Pendidikan Agama Kristen SD-SMA Dalam Melaksanakan Kurikulum Baru. bandung: Bina Media Informasi, 2009.

Perilaku, Pengajaran D A N, and I Bab. “*irki.T” (n.d.).

Purwanto, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan. bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Purwoto, Paulus, Hardi Budiyana, and Yonatan Alex Arifianto. “Landasan Teologis Pendidikan Kristen Dalam Perjanjian Baru Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Kristen Masa Kini.” DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2020): 34–48. https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos/article/view/38.

Rafli, Soejipto dan Kosasi. Profesi Keguruan. jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Rusydie, Salman. Kembangkan Dirimu Jadi Guru Multitalenta. jogjakarta: DIVA Press, 2012.

Sadulloh, Uyoh. Pedagogik; Ilmu Mendidik. bandung: Alfabeta, 2010.

Sahiu, Sifra, and Hengki Wijaya. “HubunganMotivasi Belajar Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Psikomotorik Pada Mata Pelajaran Agama Kristen Kelas V Di SD Zion Makassar The Relationship between Extrinsic Learning Motivation to Psychomotor Learning Outcomes in Grade V Christian Subjects at Zion Makassar Elementary School” (2017).

Sairin, Weinata. Identitas Ciri Khas Pendidikan Agama Kristen Di Indonesia. jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006.

Sardiman. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2012.

Setiyowati, Ester Putri, and Yonatan Alex Arifianto. “Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan.” SIKIP Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2020): 78–95. http://e-journal.sttikat.ac.id/index.php/sikip/article/view/57.

Sidjabat, BS. Membesarkan Anak Dengan Kreatif: Panduan Menanamkan Iman & Moral Kepada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: ANDI, 2008.

Simorangkir, Sri Lina Betty Lamsihar, and Yonatan Alex Arifianto. “Makna Hidup Dalam Kristus Menurut Filipi 1:21 Dan Implikasinya Bagi Orang Percaya.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 1, no. 2 (2020): 228–242.

Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Sumiyatiningsih, Dien. Mengajar Dengan Kreatif Dan Menarik: Buku Panduan Mengajar PAK. yogyakarta: ANDI, 2012.

Suntana, Mahmud dan Ija. Pengertian Atau Artikulasi Guru Secara Luas Dan Variatif, Antropologi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia, 2012.

Vera, Adelia. Metode Mengajar Anak Di Luar Kelas. jogjakarta: DIVA Press, 2012.

Winkel, W.S. Psikologi Pengajaran. yogyakarta: Media Abadi, 2007.

Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (2020): 28–38.

 

 

           

References

Andjarwati, Tri. “Motivasi Dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow,.” Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen 1, no. 1 (2015): 45--54.

Arifianto, Yonatan Alex. “Makna Sosio-Teologis Melayani Menurut Roma 12:7.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 2, no. 2 (2020): 184–197.

Arifianto, Yonatan Alex, and Ferry Purnama. “Misiologi Dalam Kisah Para Rasul 13 : 47 Sebagai Motivasi Penginjilan Masa Kini.” KHARISMA: Jurnal Ilmiah Teologi 1, no. 2 (2020): 117–134.

Asmani, Jamal Ma’mur. 7 Tips Aplikasi PAKEM; Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan. jogjakarta: DIVA Press, 2011.

———. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif Dan Inovatif. jogjakarta: DIVA Press, 2013.

Aunurrahman. Belajar Dan Pembelajaran. bandung: Alfabeta, 2010.

Barnabas, Santo. “Kajian Biblika Mengenai Nabi-Nabi Palsu Berdasarkan Matius 7 : 15-23 Serta Implikasinya Dalam Kehidupan Hamba Tuhan” (n.d.): 15–23.

Budyana, Hardi. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Kristen. surakarta: STT Berita Hidup, 2011.

Darmadi, Hamid. “Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional.” Pendidikan 13 (2015): 163–164.

Emda, Amna. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.” Lantanida Journal 5, no. 2 (2018): 172.

Enim, Tanjung. “STT Ebenhaezer STTE Tinjauan Alkitabiah Terhadap Falsafah Jawa ” Ing Ngarsa Sung Tu Ladha , Ing Madya Mangun Karsa , Tut Wuri Handayani ”” 4, no. 1 (2019): 69–84.

Fatchurrohman, Rudy. “Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kesiapan Belajar, Pelaksanaan Prakerin Dan Pencapaian Kompetensi Mata Pelajaran Produktif.” Innovation of Vocational Technology Education 7, no. 2 (2017): 164–174.

Gunawan, Heri. Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta, 2012.

Hamalik, H. Oemar. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. bandung: PT Rosdakarya, 2011.

Hendro H. siburian, Arif Wicaksono. “Makna Belajar Dalam Perjanjian Lama Dan Implementasinya Bagi PAK Masa Kini, Fidei: No. 2.” Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 2 (2019).

Homrighausen, E. G. dan I. H. Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2013.

Hutabarat, Oditha R. Model-Model Pembelajaran Aktif Pendidikan Agama Kristen SD, SMP, SMA Berbasis Kompetensi. bandung: Bina Media Informasi, 2005.

Hutapea, Rinto Hasiholan. “Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Di Masa Covid-19.” Didache: Journal of Christian Education 1, no. 1 (2020): 1.

Ii, B A B, and A Konsep Teoretis. “Alex Sobur, Loc. Cit Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, (Yogyakarta: CV. Andi Ofset, 2005), h. 99-100 12” (2005): 12–34.

Irmalia, Anggraini Susi. “MOTIVASI BELAJAR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH: SEBUAH KAJIAN PADA INTERAKSI PEMBELAJARAN MAHASISWA Irmalia Susi Anggraini *.” Jurnal Mahasiswa, no. 1 (2001): 100–109.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo, 2013.

Kadarmanto, Ruth S, and Gunung Mulia. “Ruth S. Kadarmanto, M.A,” 2012 (2012).

Kristianto, Paulus Lilik. Prinsip Dan Praktik Pendidikan Agama Kristen. yogyakarta: ANDI, 2010.

Kyriacou, Charis. Effective Teaching. bandung: Nusa Media, 2011.

Lukmanul, Hakiim. Perencanaan Pembelajaran. bandung: CV Wacana Prima, 2009.

Mulyasa, E. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Nasional, Departemen Pendidikan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Ilmu, 2008.

Non-Serrano, Janse. Pedoman Untuk Guru PAK SD-SMA Dalam Melaksanakan Kurikulum Baru. bandung: Bina Media Informasi, 2009.

Non-Serrano, Janse Belandina. Pedoman Untuk Guru Pendidikan Agama Kristen SD-SMA Dalam Melaksanakan Kurikulum Baru. bandung: Bina Media Informasi, 2009.

Perilaku, Pengajaran D A N, and I Bab. “*irki.T” (n.d.).

Purwanto, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan. bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Purwoto, Paulus, Hardi Budiyana, and Yonatan Alex Arifianto. “Landasan Teologis Pendidikan Kristen Dalam Perjanjian Baru Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Kristen Masa Kini.” DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2020): 34–48.

Rafli, Soejipto dan Kosasi. Profesi Keguruan. jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Rusydie, Salman. Kembangkan Dirimu Jadi Guru Multitalenta. jogjakarta: DIVA Press, 2012.

Sadulloh, Uyoh. Pedagogik; Ilmu Mendidik. bandung: Alfabeta, 2010.

Sahiu, Sifra, and Hengki Wijaya. “HubunganMotivasi Belajar Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Psikomotorik Pada Mata Pelajaran Agama Kristen Kelas V Di SD Zion Makassar The Relationship between Extrinsic Learning Motivation to Psychomotor Learning Outcomes in Grade V Christian Subjects At.” Jurnal Jaffray 15, no. 2 (2017): 1–18. https://ojs.sttjaffray.ac.id/index.php/JJV71/article/view/262/pdf_165.

Sairin, Weinata. Identitas Ciri Khas Pendidikan Agama Kristen Di Indonesia. jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006.

Sardiman. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2012.

Setiyowati, Ester Putri, and Yonatan Alex Arifianto. “Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan.” SIKIP Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2020): 78–95.

Sidjabat, BS. Membesarkan Anak Dengan Kreatif: Panduan Menanamkan Iman & Moral Kepada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: ANDI, 2008.

Simorangkir, Sri Lina Betty Lamsihar, and Yonatan Alex Arifianto. “Makna Hidup Dalam Kristus Menurut Filipi 1:21 Dan Implikasinya Bagi Orang Percaya.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 1, no. 2 (2020): 228–242.

Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Sumiyatiningsih, Dien. Mengajar Dengan Kreatif Dan Menarik: Buku Panduan Mengajar PAK. yogyakarta: ANDI, 2012.

Suntana, Mahmud dan Ija. Pengertian Atau Artikulasi Guru Secara Luas Dan Variatif, Antropologi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia, 2012.

Vera, Adelia. Metode Mengajar Anak Di Luar Kelas. jogjakarta: DIVA Press, 2012.

Winkel, W.S. Psikologi Pengajaran. yogyakarta: Media Abadi, 2007.

Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (2020): 28–38.

Published
2021-04-21