Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Saat Pembelajaran Daring dan Tatap Muka Ditinjau dari Prokrastinasi Akademik

  • Junaity Soften Sine Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Jeni Isak Lele Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Adriana I. S. Sole Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Yonatan Foeh Institut Agama Kristen Negeri Kupang

Abstrak

During Pandemic Covid-19 which has started from March 2020 in Indonesia, learning from home is conducted. Online learning, therefore, has been the only choice for schools and universities to maintain learning process during this troubled time. Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang has also applied online learning.  Consequently, academic procrastination became one of the problems to tackle. To answer this problem, this study was conducted to investigate whether there was effect of online and face-to-face learning toward learning achievements of the second and sixth semester students from Christian Religious Education Study Program when seen from their academic procrastination. A quantitative approach was used in this study by an ex-post facto design. There were two analysis techniques applied namely descriptive statistics and two way (ANAVA) varians analysis involving a sample of 122 students out of the population of 770 students. The findings showed first, there was no difference in learning achievements of students who learned online and face to face. Secondly, there was no interaction between online learning or academic procrastination and students’ learning achievements. Thirdly, there was diference in learning achievements of students with high and low academic procrastination.

Selama pandemi Covid-19 pada Maret 2020, diberlakukan belajar dari rumah. Akibatnya pembelajaran daring menjadi satu-satunya pilihan bagi sekolah dan universitas untuk tetap melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar demikian juga Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang. Sebagai akibat, prokrastinasi akademik menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi. Penelitian ini mencari tahu pengaruh proses pembelajaran daring dan tatap muka terhadap prestasi belajar ditinjau dari kebiasaan menunda-nunda mengerjakan tugas akademik atau prokrastinasi akademik mahasiswa semester dua dan enam Program Studi Pendidikan Agama Kristen. Metode penelitian ini adalah Kuantitatif dan jenis penelitian Ex-Post Facto. Teknik Analisis yang dilakukan yakni melalui analisis statistik deskriptif dan analisis varians (ANAVA) dua jalan dengan melibatkan 122 mahasiswa sebagai sampel dari total populasi sebesar 770 mahasiswa. Dari metode dan analisis uji hipotesis ditemukan bahwa tidak terdapat perbedaan prestasi belajar mahasiswa yang belajar dengan pembelajaran daring dan mereka yang belajar secara tatap muka, tidak terdapat interaksi antara pembelajaran daring dengan prokrastinasi akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa dan terdapat perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang memiliki prokrastinasi akademik tinggi dan rendah.

Referensi

Arifiani, Desti. “Hubungan Persepsi Sistem Pembelajaran Daring Dan Prokrastinasi Akademik Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2021.

Asmuni, Asmuni. “Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya.” Jurnal Paedagogy 7, no. 4 (2020): 281.

Febriani, Roiyan, and Imroatul Erfantinni. “Hybrid Active Learning Untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).” JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 3, no. 4 (2020): 388–397.

Fitriani, Windi, Haryanto Haryanto, and Setyo Eko Atmojo. “Motivasi Berprestasi Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Saat Pembelajaran Daring.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 5, no. 6 (2020): 828–834. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/13639.

Handoyo, Alfiandy Warih, and Arga Satrio Prabowo. “Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 3, no. 1 (2020): 355–361.

Ilham, Mahardika. “Hubungan Prokrastinasi Akademik Dengan Prestasi Belajar Kimia Di SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan.” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulah Jakarta, 2019. http://docplayer.info/162864249-Hubungan-prokrastinasi-akademik-dengan-prestasi-belajar-kimia-siswa-di-sma-negeri-6-kota-tangerang-selatan.html.

Irwandani, Irwandani, Muhammad Iqbal, and Sri Latifah. “Pengembangan Video Blog (Vlog) Channel Youtube Dengan Pendekatan Stem Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring.” Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan 7, no. 2 (2019): 135.

Jayani, Dwi Hadya. “10 Media Sosial Yang Paling Sering Digunakan Di Indonesia.” Katadata.Co.Id. Last modified 2020. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia.

———. “Survei APJII: Pengguna Internet Masih Terkonsentrasi Di Jawa.” Katadata.Co.Id. Last modified 2019. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/05/16/survei-apjii-pengguna-internet-masih-terkonsentrasi-di-jawa.

Kathleen, Elisabeth, and Debora Basaria. “The Relationship Between Perfectionism and Academic Procrastination in College Students Learning Online Due to the COVID-19 Pandemic.” Proceedings of the International Conference on Economics, Business, Social, and Humanities (ICEBSH 2021) 570, no. Icebsh (2021): 1197–1204.

Latipah, Eva, Hanif Cahyo Adi Kistoro, and Farah Dina Insani. “Academic Procrastination of High School Students During the Covid-19 Pandemic : Review from Self-Regulated Learning and the Intensity of Social Media.” Dinamika Ilmu 21, no. 2 (2021): 293–308.

Meiyuntariningsih, Tatik, and Aliffia Ananta. “Combinative Class Management to Reduce Student Academic Procrastination during the Covid-19 Pandemic.” International Seminar of Multicultural Psychology (ISMP 1st) (2020): 262–270.

Moore, Joi L., Camille Dickson-Deane, and Krista Galyen. “E-Learning, Online Learning, and Distance Learning Environments: Are They the Same?” The Internet and Higher Education 14, no. 2 (March 2011): 129–135. https://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S1096751610000886.

Mulyono, Wahyu Dwi. “Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19.” STEAM Engineering (Journal of Science, Technology, Education And Mechanical Engineering) 2, no. 1 (2020): 23–30.

Mustakim, Mustakim. “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika.” Al asma : Journal of Islamic Education 2, no. 1 (2020): 1.

Naqiyah, Najlatun, and Halida Yasmin Kurniadewi. “Kajian Literatur Pengaruh Prokrastinasi Terhadap Prestasi Akademik Di Tengah Pandemi.” Jurnal BK UNESA 12, no. 03 (2021): 502–509.

Pangondian, Andrianto, Roman Insap Santosa, and Eko Paulus Nugroho. “Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0.” Sainteks 2019 (2019): 56–60. https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html.

Putri, Aulia Kurnianing. “Pengaruh Locus of Control Dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi DIII Kebidanan.” Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2014.

Rigianti, Henri Aditya. “Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara.” Elementary School 7, no. 2 (2020): 297–302.

Rimbarizki, Rimbun. “Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Pioneer Karanganyar.” J+Plus Unesa 6, no. 2 (2017): 1–12.

Schouwenburg, Henri C. “Academic Procrastination.” In Procrastination and Task Avoidance, 71–96. Boston, MA: Springer US, 1995. http://link.springer.com/10.1007/978-1-4899-0227-6_4.

Sevima. “Mengenal Kuliah Online, Kelebihan Dan Kekurangannya.” Sevima. Last modified 2020. Accessed May 4, 2020. https://sevima.com/mengenal-kuliah-online-kelebihan-dan-kekurangannya/.

Suharwoto, Gatot. “Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan Yang Mendewasakan.” Times Indonesia, April 2, 2020. https://www.timesindonesia.co.id/read/news/261667/pembelajaran-online-di-tengah-pandemi-covid19-tantangan-yang-mendewasakan.

Turmudi, Imam, and Suryadi. “Manajemen Perilaku Prokrastinasi Akademik.” al-Tazkiah 10, no. 1 (2021): 39–58.

Ursia, Nela Regar, Ide Bagus Siaputra, and Nadia Sutanto. “Academic Procrastination and Self-Control in Thesis Writing Students of Faculty of Psychology, Universitas Surabaya.” Makara Human Behavior Studies in Asia 17, no. 1 (2013): 1.

Wangid, Muhammad Nur. “Prokrastinasi Akademik: Perilaku Yang Harus Dihilangkan.” TAZKIYA: Journal of Psychology 2, no. 2 (February 26, 2019). http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/10772.

Xu, Shuai. “Academic Procrastination of Adolescents : A Brief Review of the Literature” 10, no. 6 (2021): 198–208.

Yulianto, Eko, Putri Dwi Cahyani, and Sofia Silvianita. “Perbandingan Kehadiran Sosial Dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar Pada Masa Pandemi COVID-19.” JARTIKA Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan 3, no. 2 (2020): 331–341.

Diterbitkan
2022-04-30
Bagian
Articles